1,3 M Dana Dikembalikan Bacades Incumbent di SBD

Inspektur Daerah (Tengah), Theofilus Natara saat menyaksikan penyerahan berkas penetapan kepala desa Tena Teke oleh Ketua Panitia Desa (kanan) kepada Kepala Dinas PMD, Dominggus Bulla. Foto: Frengky vn

Frengky Keban

Usai melakukan audit terhadap para bakal calon kepala desa (Bacades) Incumbent dan para Aparat Desa di 103 desa, di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi NTT, yang akan mengikuti Pilkades Serentak 30 Juni mendatang, Pihak Inspektorat telah mengantongi dana pengembalian sebanyak Rp1.353.000.000 dari para calon tersebut. Uang itu merupakan temuan dari pihak inspektorat.

Demikian disampaikan Kepala Inspektorat Kabupaten SBD, Theofilus Natara, Kamis (3/6) siang.

Theo menyebut dana itu merupakan kumpulan dari dana temuan yang sudah dikembalikan oleh para calon kades incumbent maupun para pengelola keuangan desa lainnya yang mengikuti pilkades serentak ini. Hal ini menjadi sebuah syarat yang ditermaktub dalam Perbup Nomor 12 Tahun 2021 yang mengharuskan para incumbent kepala desa ataupun aparat selain PNS mendapatkan rekomendasi bebas temuan dari Inspektorat.

“Nilainya 1,3 M yang akan dikembalikan ke kas Negara, Daerah dan Desa. Untuk Negara itu berkaitan dengan pajak sedangkan untuk desa dana itu dikembalikan lagi agar dipergunakan oleh desa di tahun berikutnya. Ini sesuai dengan aturan dimana kita lakukan audit untuk menemukan apakah ada temuan atau tidak. Kalau ada maka kita minta dikembalikan agar bisa mendapatkan rekomendasi inspektorat,”katanya.

Menyoal jumlah bacades yang sudah mendapatkan rekomendasi, Theo mengatakan hingga pukul 12.35 Wita hari ini, sudah ada 99 bacades yang mendapatkan rekomendasi dari 128 Bacades yang mengajukan permohonan mendapatkan rekomendasi.

“Untuk Incumbent sendiri yang sudah terima sekitar 40 orang. Sedang untuk waktu mendapatkan rekomendasi sendiri kita buka dari tanggal 30 Mei kemarin sampai tanggal 3 Juni pukul 15.00 wita,”katanya.

Penetapan Ditutup Hingga 14.00 Wita

Sementara itu, Kepala Dinas PMD SBD, Dominggus Bulla di kesempatan yang sama menyebut bahwa hingga kini baru dua desa yang sudah mengantar berkas penetapan kepala desa di Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten yaitu desa Tena Teke-Kecamatan Wewewa Selatan dan Desa Weepaboba-Kecamatan Wewewa Utara, Kabupaten SBD, Provinsi NTT.

“Kami di Kabupaten baru terima dua itu saja. Sedang untuk waktu selesainya penetapan kita harapkan bisa berakhir jam 14.00 Wita ini. Kalaupun ada yang yang belum selesai maka itu kebijakan panitia sembari menunggu rekomendasi Inspektorat. Kalau sampe dengan jam 14.00 Wita tidak ada incumbent yang urus rekomendasi maka panitia bisa langsung menetapkan calon kepala desa yang mengikuti pemilihan,”katanya. (Yan/ol)

Leave a Comment