25 Jurnalis di NTT Ikut Kegiatan UKW

Wakil Sekretaris Jenderal III PWI Pusat, Suprapto sedang menyampaikan sambutan dan arahan pada acara pembukaan Kegiatan UKW di Hotel Sahid T-More Kupang, Rabu 13 Oktober 2021. Foto: Yance Jengamal vn

Sebanyak 25 orang jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik di Provinsi NTT mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Provinsi NTT bekerja sama dengan Bank NTT bertempat di Hotel Sahid T-More Kupang. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari,13-14 Oktober 2021.

Ketua PWI NTT, Hilarius F Jahang, dalam laporannya saat pembukaan kegiatan itu menerangkan, dari ratusan peserta yang mendaftar hanya 25 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Ke-25 peserta tersebut terdiri dari 20 peserta UKW jenjang muda dan 5 peserta UKW jenjang Utama.

“Ada peserta dari Perbatasan dengan Negara Timor Leste baru datang tadi pagi lalu mau ikut, kita tolak dan kita minta ikut pada pelaksanaan tahun berikutnya, karena UKW yang dilaksanakan PWI ini sangat ketat,” jelasnya.

Menurutnya, UKW yang diselenggarakan melalui kerja sama dengan Bank NTT baru terjadi tahun ini. Ia berharap, ke depan Bank NTT terus menjalin kerja sama dengan PWI NTT untuk kegiatan jurnalistik lainnya.

Wakil Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Suprapto dalam sambutannya  menegaskan, salah satu program PWI Pusat yakni pendidikan dan didalamnya termaktub mengenai UKW. UKW, kata dia, bertujuan meningkatkan profesionalisme wartawan.

“Ada banyak wartawan yang bekerja tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik misalnya melakukan praktek-praktek yang tidak sesuai dengan kerja-kerja wartawan. Sehingga UKW ini salah satu upaya mengatasi itu,” tandasnya.

UKW, lanjut dia, bertujuan memotret apakah wartawan telah bekerja sesuai kompetensi, yakni memiliki skill, knowledge dan awareness atau etika. Sehingga peran kontrol sosial untuk kepentingan publik berjalan maksimal sesuai amanat UU Nomor 40 tahun 1999.

Sementara Direktur Kepatuhan Bank NTT, Hilarius Minggu dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut menjelaskan, tujuan Bank NTT mendukung kegiatan UKW yang digelar, untuk meningkatkan sinergitas antara media dan Bank serta mendukung peningkatan kualitas wartawan di NTT.

“Bank NTT selalu mendukung wartawan untuk menyampaikan berita yang profesional,” tandasnya.

Kegiatan UKW yang digelar PWI bekerja sama dengan Bank NTT tersebut dibuka oleh Direktur Kepatutan Bank NTT dan disaksikan para pimpinan Divisi Bank NTT, Wakil Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Ketua dan pengurus PWI NTT, tim penguji dan para peserta UKW. Kegiatan pem bukaan dimulai pada pukul 09.00 Wita. Usai acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan UKW bagi para peserta. (Yan/ol)

 

Leave a Comment