25 Pemain Persewa Ikut Latihan Persiapan ETMC

Para pemain yang sedang mengikuti seleksi untuk mewakili Persewa dalam ETMC Lembata 2021 sedang berlatih di Lapangan Matawai, Kamis (24/6). Foto: Jumal Hauteas vn.

Jumal Hauteas

 

Sebanyak 25 pemain dari sejumlah klub sepakbola di Kota Waingapu dan sekitarnya mulai mengikuti latihan persiapan yang dilakukan oleh tim pelatih dan Asosiasi PSSI Kabupaten (Askab) Sumba Timur dalam rangka mengikuti liga 3 El Tari Memorial Cup (ETMC) Lembata tahun 2021 yang akan dimulai 9 Agustus mendatang.

Pantauan VN, Kamis (24/6) para pemain ini menggunakan lapangan Matawai untuk berlatih fisik hingga games sebagai bagian dari persiapan awal, setelah pemerintah Kabupaten Sumba Timur memastikan Persatuan Sepakbola Waingapu (Persewa) akan kembali mengambil bagian dalam pagelaran Liga 3 ETMC 2021 Lembata.

Wakil Ketua Askab PSSI Kabupaten Sumba Timur, Umbu Ranggambani kepada VN Kamis (24/6) di sela-sela memantau latihan anak-anak menjelaskan 25 pemain ini adalah pemain yang sudah melalui proses seleksi dan penyaringan awal beberapa hari lalu sehingga saat ini sudah mulai melakukan latihan fisik dan persiapan lainnya guna menghadapi ETMC 2021 mendatang.

“Sebelumnya dari 60 pemain yang sempat kita panggil, kemudian tersaring menjadi 40 pemain dan saat ini tersisa 25 pemain sehingga masih kita beri latihan untuk nantinya memutuskan siapa saja yang kitab awa ke Lembata,” jelasnya.

Ditambahkannya karena saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19 dan ketersediaan anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur saat ini, jumlah pemain yang akan dibawa dan juga tim pelatih dan ofisial cukup dibatasi. Dimana biasanya satu tim sepakbola diisi oleh 23 pemain yang dibawa, kali ini Persewa hanya akan membawa 20 pemain dan empat orang dari tim pelatih dan official.

“Kita akan siasati agar ada pemain yang tidak hanya bisa mengisi posisi belakang, tetapi juga bisa mengisi posisi gelandang. Karena kita akan bawa dua orang penjaga gawang sehingga pemain di dalam lapangan hanya akan ada 18 orang,” jelasnya.

Mengenai target dalam keikutsertaan Persewa dalam ETMC 2021 Lembata kali ini, Umbu Ranggambani kembali menegaskan pihaknya tidak memasang target terlalu tinggi mengingat waktu efektif latihan yang juga hanya akan berlangsung selama 40 hari. Karenanya target Askab PSSI Kabupaten Sumba Timur adalah bisa lolos babak penyisihan.

“Kita targetnya lolos babak penyisihan, karena waktu persiapan kita yang cukup terbatas saat ini,” jelasnya.

Walau demikian untuk memastikan kesiapan tim Persewa dalam ETMC Lembata 2021, Umbu menjelaskan pihaknya sedang membangun komunikasi dengan Askab PSSI Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Barat Daya yang juga akan ikut dalam ETMC 2021 Lembata, untuk bisa melakukan pertandingan uji coba di Waikabubak sebelum berangkat ke Lembata.

“Dari waktu kita yang terbatas ini kita akan sisihkan satu-dua hari untuk lakukan pertandingan ujicoba dengan Sumba Barat dan Sumba Barat Daya agar melihat kesiapan mental anak-anak kita,” tandasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sumba Timur, Yacobus Yiwa sebelumnya menjelaskan selain menyiapkan kembali anggaran untuk keberangkatan tim Persewa, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur juga akan menghadiri peresmian stadion milik Pemkab Lembata yang akan menjadi venue pelaksanaan ETMC 2021 Lembata.

“Sesuai undangan dari Bupati Lembata yang datang langsung mengundang Pemkab Sumba Timur, jadi Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan saya juga akan ikut dalam acara pembukaan ETMC,” jelas Asisten I Setda Sumba Timur ini. (Yan/ol)

Leave a Comment