37 Peserta Meriahkan Pembukaan Utsawa Dharmagita ke XIV

Beberapa peserta lomba berfoto bersama penyelenggara dan pengayom, sehabis pelepasan untuk membuka Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke XIV Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2021, di Hotel Swiss, Belinn, Kota Kupang, Senin (20/9). Foto:Yosi Kameo vn

Yosi Kameo

 

Sejumlah 37 Peserta Lomba ikut meriahkan Pembukaan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke XiV, NTT, di hotel Swiss Belinn, Selasa (20/9). Kegiatan ini melibatkan partisipasi pemerintah provinsi dan kabupaten, serta masyarakat NTT, khususnya para umat Hindu.

Ketua LPDG Povinsi NTT sekaligus Ketua Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama NTT, Ni Wayan Sumarsih, mengatakan, 37 peserta berasal dari beberapa daerah, di antaranya TTS, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Sumba Timur, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, TTU, Kabupaten Belu, dan Ngada.

Adapun penyelenggaraan di tingkat nasional akan berlangsung di bulan Oktober, kata Sumarsih, dan kota Kupang menjadi tempat yang terpilih untuk menjaring peserta lomba dari berbagai daerah di Nusa Tenggara Timur.

Dalam melepas pelaksanaan kegiatan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke XIV Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2021, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi NTT Doris Alexander Rihi mengungkapkan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk mendukung setiap kegiatan agama di NTT.

Kendati begitu, Alexander sedikit menyayangkan, pemerintah provinsi saat ini belum bisa mendukung secara maksimal berbagai kegiatan keagamaan dikarenakan situasi pandemi covid-19.

“Kegiatan ini sempat tertunda tahun kemarin karena situasi pandemi, jadi pelaksanaannya tahun ini sangat kami dukung. Kami upayakan lagi untuk lebih maksimal di tahun-tahun berikutnya,” kata Alexander dalam sambutannya untuk melepas pembukaan Utsawa Dharmagita.

Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTT Hasan Manuk, memberikan semangat kepada para peserta lomba untuk tetap berkompetisi dengan sehat dan jujur, sehingga tetap mengharumkan nama Nusa Tenggara Timur.

“Jangan pesimis dalam berlomba, harus optimis. Untuk mengharumkan nama NTT. Ini peserta Flobamora. Semoga lomba berjalan baik dan kami juga mendoakan yang terbaik,” katanya.

Sementata Ketua PHDI Wayan Dharmawa, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari berbagai pihak yang sudah memberikan tenaga dan pikiran demi terselenggaranya Utsawa Dharmagita NTT.

Dharmawa menegaskan akan pentingnya kejujuran. Pelaksanaan lomba tentunya tidak lepas dari upaya untuk memberi siraman rohani kepada umat Hindu.

“Kami berterima kasih kepada semua yang sudah terlibat. Kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dharma atau kebenaran dalam karya kita sebagai anak bangsa, khususnya di NTT,” tegasnya.

Pembukaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke XIV Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2021,  berlangsung dengan tetap menaati protokol kesehatan. Acara berlangsung pukul 14.00 hingga 18.00 Wita dan ditutup dengan doa dan foto bersama. (Yan/ol)

Leave a Comment