38 Siswa SAKB Dengar Kelulusan dengan Pakaian Adat

Para siswa Sekolah Dasar Abdi Kasih Bangsa mengenakan pakaian adat dan didampingi orangtua mendengarkan pengumuman kelulusan secara daring, Selasa (15/6). Foto: Pascal/VN
Para siswa Sekolah Dasar Abdi Kasih Bangsa mengenakan pakaian adat dan didampingi orangtua mendengarkan pengumuman kelulusan secara daring, Selasa (15/6). Foto: Pascal/VN

Pascal Seran

Sebanyak 38 Siswa Sekolah Dasar Abdi Kasih Bangsa (SAKB) dinyatakan lulus dalam pengumuman kelulusan Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring. Para siswa didampingi orangtua mengenakan pamaian adat dari masing-masing.

Kepala Sekolah Dasar Abdi Kasih Bangsa Novi Iriani Lapa mengungkapkan, 38 siswa SAKB yang dinyatakan lulus terdiri dari 22 siswa dan 16 siswi.

“Mereka ini dinyatakan lulus karena sudah memenuhi beberapa kriteria di SAKB. Kami memiliki beberapa kriteria bagi para siswa, yang pertama semua siswa sudah mengikuti program pendidikan di SAKB dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, kata Miss Novy, demikian ia disapa, para siswa juga sudah memenuhi penilaian sikap yang baik. “Jadi selain nilai yang sudah memenuhi syarat dan program yang ada para siswa kami pastikan memeiliki sikap yang baik sesuai standar kompetensi pendidikan yang ada,” tegasnya.

Selain itu, para siswa juga sudah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai yang layak.

“Di penilaian terakhir, para siswa kami wajibkan menulis karya berupa portofolio sebagai kenang-kenangan. Portofolio itu akan disimpan di perpustakaan,” jelasnya.

Ia berpesan agar para siswa tetap bersyukur dengan hasil yang ada. “Memang ada yang memperoleh nilai tertinggi tetapi kalian semua adalah siswa terbaik di SAKB. Karena itu tetap bersyukur,” ujarnya.

Ia mengajak para siswa untuk merayakan kelulusan di rumah saja berhubung pandemi Covid-19 yang masih ada di Kota Kupang.

“Bagi siswa yang masih memiliki seragam yang layak pakai bisa disumbangkan ke sekolah untuk dibagikan kepada mereka semua yang membutuhkan,” ujarnya.

 

Harus Bisa Bersaing

Wakil Direktur Sekolah Abdi Kasih Bangsa Ietje Inabuy dalam sambutannya meminta para tamatan SAKB harus bisa bersaing dengan anak-anak lain di sekolah yang baru.

“Di mana pun anak-anak melanjutkan pendidikan SMP harus bisa bersaing dengan siswa yang lain. Karena anak-anak adalah siswa-siswi terbaik dari SAKB yang sudah lulus,” tandasnya.

Dia juga berterima kasih kepada orangtua yang sudah mempercayakan anak-anak untuk dididik di SAKB. “Kami berterima kasih kepada para orangtua yang sudah mempercayakan anak-anak kepada kami. Kami akan selalu mengenang,” ungkapnya.

Disaksikan VN, pengumuman itu dilakukan secara daring. Para siswa mengenakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing didampingi orangtua mendengarkan pengumuman itu. Acara itu juga diisi dengan pembacaan puisi dari para siswa dan persembahan lagu dari para guru.

Usai acara secara daring, para siswa diminta untuk ke sekolah untuk menerima surat kelulusan siswa yang sudah dibagi sesuai waktu tertentu sehingga tidak menimbulkan kerumunan. (bev/ol)

Leave a Comment