9.686 Wajib Pajak Manfaatkan layanan Daring KPP Pratama Kupang

Pelayanan di KPP Pratama Kupang, beberapa waktu lalu.

Putra Bali Mula

 

9.686 Wajib Pajak telah memanfaatkan layanan daring KPP Pratama Kupang hingga 1 Juli 2021. Jumlah ini merupakan 67 persen dari total 14.442 wajib pajak yang menggunakan layanan daring dan tatap muka selama semester I tahun 2021.

Hal ini menunjukkan bahwa wajib pajak di wilayah kerja KPP Pratama Kupang telah terbiasa dengan fasilitas layanan daring yang disediakan.

Layanan daring kepada wajib pajak telah berlaku sejak Maret 2020 sebagai komitmen KPP Pratama Kupang dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Pelayanan KPP Pratama Kupang telah disusun standar Pelayanannya. Mulai dari prosedur, persyaratan, jangka waktu hingga dasar hukum telah diinventarisir dalam setiap Standar Pelayanan yang diberikan KPP Pratama Kupang. Penyusunan Standar Pelayanan tersebut telah melalui proses public hearing yang melibatkan beberapa stakeholders antara lain tokoh masyarakat, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, dunia usaha, instansi pemerintah dan perkumpulan profesi.

Guna evaluasi seluruh pelayanan tersebut KPP Pratama Kupang juga menyelenggarakan survei kepuasan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan mendapat gambaran tingkat kepuasan Wajib Pajak serta menampung semua kritik dan saran sebagai bahan evaluasi dan perbaikan yang akan dilakukan KPP Pratama Kupang untuk memberikan pelayanan yang lebih prima.

Demikian intisari dari keterangan pers yang diterima VN Minggu (25/7).

“(Survei ini-red)Sekaligus dalam rangka mengikuti Evaluasi Unit Pelayanan Publik (EUPP) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).” Ujar Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi, Kepala KPP Pratama Kupang.

Dalam survei tersebut, Wajib Pajak diminta untuk memilih layanan perpajakan yang pernah diperoleh baik di kantor pajak secara langsung atau melalui saluran daring. Komponen survei meliputi kecepatan prosedur pelayanan, kualitas sarana dan prasarana pelayanan, hingga tingkat kepastian hukum. Di bagian akhir survei, Wajib Pajak dapat menyampaikan kritik dan saran sebagai bahan evaluasi yang akan ditindaklanjuti oleh KPP Pratama Kupang.

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan program tersebut, KPP Pratama Kupang menyediakan hadiah berupa merchandise resmi Direktorat Jenderal Pajak bagi lima responden pengisi survei yang beruntung. Survei ini dapat diakses secara daring melalui tautan https://bit.ly/SKM922 atau bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi KPP Pratama Kupang.

Demi menyukseskan Program Survei Kepuasan Masyarakat, KPP Pratama Kupang gencar menyebarkan informasi dan tautan pengisian Survei.

Selanjutnya, KPP Pratama Kupang akan melakukan sosialisasi melalui media daring dan cetak. Diharapkan, masyarakat terutama Wajib Pajak KPP Pratama Kupang mengetahui dan mengikuti Program Survei Kepuasan Masyarakat ini dan memberikan feedback atas pelayanan yang diberikan oleh KPP Pratama Kupang

“Kami mengajak seluruh Wajib Pajak KPP Pratama Kupang untuk berpartisipasi dalam Program Survei Kepuasan Masyakarat dengan mengisi kuesioner pada tautan yang telah disediakan. Besar harapan kami, program ini dapat menampung aspirasi para pengguna layanan demi peningkatan kualitas layanan kami,” pungkas Ayu. (Yan/ol)

Leave a Comment