Akta Kelahiran dan KIA Diserahkan Langsung kepada Warga Pascabersalin

Putra Bali Mula

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Kota Kupang menyerahkan langsung Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada keluarga yang bersalin di Rumah Sakit Dedari Kupang.

Plt Kepala Disdukcapil Kota Kupang, Angela Tamo Inya bersama tim mengimplementasikan pelayanan dengan sistim jemput bola ini pada Rabu (13/10). Dokumen-dokumen ini diserahkan langsung sebagai pemenuhan hak sipil anak yang harus dipenuhi sejak lahir.

Menurut Angela saat dihubungi Kamis (14/10), sistem jemput bola ini adalah upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini menjadi suatu hal yang utama dilakukan Disdukcapil Kota Kupang dalam rangka pemenuhan hak anak atas kepemilikan Akta Kelahiran,” tukasnya.

Ia menyebut, menyerahkan Akta Kelahiran, KK dan KIA secara langsung kepada keluarga yang melakukan persalinan di Rumah Sakit Dedari Kupang adalah wujud pelayanan Disdukcapil Kota Kupang yang tidak hanya menunggu di tempat.

“Maka kami bersama tim melakukan penyerahan Akta Kelahiran, KK dan KIA sebanyak 16 paket di Rumah Sakit Dedari Kupang kepada warga kota yang melakukan persalinan di rumah sakit tersebut,” kata Angela.

Ia menjelaskan, untuk pemenuhan hak anak usia 0 hingga 17 tahun, Disdukcapil Kota Kupang membangun kerjasama dengan rumah sakit yang ada di Kota Kupang dan sekolah dasar yang ada.

“Pemenuhan ini kami secara langsung melakukan jemput bola,” ujarnya.

Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man, secara terpisah mengatakan sistem jemput bola ini telah dilaunching di RS Dedari dari bulan lalu.

“Dan ini sesuai instruksi dari Pak Gubernur, semua anak yang baru lahir wajib diberi Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak berdasarkan KK,” jelas dia.

Sistem jemput bola ini, kata Herman, perlu berjalan baik ke depan karena sudah menjadi kesepakatan bersama. Komitmen akan hal ini menjadi wujud kerja pemerintah dalam memberikan kepastian jumlah penduduk dan kepastian pemenuhan hak anak terutama secara hukum. (Yan/ol)

Leave a Comment