Antisipasi Lonjakan Covid-19, Sejumlah Tempat Dijadikan RS Darurat

Kapolres TTU dan Dandim 1618/TTU berkunjung ke RS Darurat Rusunawa

Gusty Amsikan

 

Polres Timor Tengah Utara (TTU) bersama Kodim 1618/TTU menggelar patroli pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Skala Mikro di wilayah Kabupaten TTU.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi ketika diwawancarai media ini, Minggu (18/7) mengatakan pihaknya bersama Polres TTU melaksanakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan upaya menanggulangi covid-19 di wilayah Kabupaten TTU. Salah satunya adalah melaksanakan kegiatan peninjauan lokasi penampungan pasien positif covid-19. Pihaknya juga meninjau lokasi atau gedung baru yang menjadi lokasi antisipasi bila terjadi lonjakan pasien positif covid-19 di wilayah tersebut.

Menurut Junaidi, lokasi yang dikunjungi pihaknya antara lain Kantor BLK dan LBK Kefamenanu, Terminal Baru, dan Rusunawa. Lokasi-lokasi tersebut telah dan akan dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD) untuk pelaksanaan karantina terhadap pasien positif covid-19.

“Kita lakukan peninjauan terhadap lokasi-lokasi tersebut untuk memantau aktivitas dan juga memastikan kapasitas yang tersedia. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan jumlah pasien positif covid-19, kita punya tempat atau lokasi antisipasi,”imbuh Junaidi.

Sementara, Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas mengatakan selain meninjau lokasi RSD dan lokasi yang akan dijadikan sebagai RSD, pihaknya bersama Kodim 1618/TTU juga melaksanakan patroli PPKM Basis Mikro di wilayah Kabupaten TTU. Patroli tersebut melibatkan belasan personil dari Polres dan Kodim 1618/TTU.

Nelson menjelaskan rute patroli PPKM Skala Mikro antara lain Pasar Lama Kefamenanu, Perempatan Tulip, Terminal Kefamenanu, Pertigaan Dalehi, pertokoan dan warung seputaran Kota Kefamenanu, dan depan Rumah Sakit Leona Kefamenanu. Dalam pelaksanaan patroli tersebut, pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19. Pihaknya juga melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19, mensosialisasikan vaksinasi covid-19, dan membubarkan kerumunan masyarakat.

“Kita lakukan patroli gabungan untuk memastikan PPKM Skala Mikro berlangsung sesuai harapan. Dalam patroli kita juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, menegakkan disiplin protokol kesehatan covid-19, mensosialisasikan vaksinasi covid-19, dan membubarkan kerumunan masyarakat. Patroli ini akan terus kami lakukan secara rutin selama masa PPKM Skala Mikro,”pungkasnya.(Yan/ol)

Leave a Comment