Atlet Perbakin NTT Siap Berlaga di PON Papua

Atlet dan pelatih sedang mempersiapkan diri mengikuti PON Papua.
Atlet dan pelatih sedang mempersiapkan diri mengikuti PON Papua.

Mutiara Malahere

Hugo Leihitu (17), atlet Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Provinsi NTT siap berlaga dalam ajang Pekan Olahraga  Nasional (PON) di Papua.

Remaja Kelas XII SMA Kristen Mercusuar Kupang tersebut mengikuti lomba menembak menggunakan air pistol untuk jarak 10 meter kelas putera.

Demi menunjang kesiapannya dalam ajang PON Papua, Hugo tetap menjalani pelatihan dengan mendapat bimbingan dari ayahnya Komisaris Polisi (Kompol) Denis Leihitu yang bertugas pada Satuan Brimob Polda NTT.

Kepada VN, Jumat (10/9) mengatakan bahwa dirinya sudah terbiasa menggunakan teknik High Power Rifle (HPR) namun dalam PON Papua menggunakan air pistol maka dirinya terus berlatih untuk menyesuaikan diri..

Hugo menargetkan dirj masuk delapan besar dan tetap optimis mendapat emas.

“Berbekal pengalaman menjadi juara dalam sejumlah perlombaan menembak berbagai even, saya terus berlatih dengan fasilitas seadanya dan saya yakin semua kerja keras selama ini akan berbuah manis,” pungkasnya.

Ayah kandung dari Hugo sekaligus official, Kompol Denis Leihitu mengatakan sebagai orangtua, dirinya memberikan dukungan penuh kepada Hugo agar semakin mengasah kemampuanya dan prestasinya dalam bidang menembak.

Denis menambahkan, selama melatih Hugo, ia tetap bersikap profesional dan tidak melihat hubungan darah antara ayah dan anak. Tujuannya, agar Hugo lebih mandiri dan berani dalam mengasah kemampuan dan bakatnya tanpa bergantung pada orangtuanya.

“Saya melihat Hugo telah memiliki bakat menembak sejak kecil, sehingga saya terus melatihnya dengan berbagai keterampilan serta latihan fisik dan saat ini dirinya semakin percaya diri dan memiliki mental berani dalam berbagai pertandingan menembak,” ujarnya.

Ia berharap melalui prestasi Hugo berkiprah dalam ajang PON Papua dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan sekaligus mengharumkan nama daerah NTT di tingkat nasional dan knternasional.

Untuk diketahui, Hugo Leihitu, remaja kelahiran 9 Mei 2004 pernah meraih prestasi dalam kejuaraan menembak antara lain :

* Juara II kategori Tembak Tepat 100 meter pada Turnamen Brimob Anniversary di Kelapa Dua, Depok Tahun 2017.

* Juara III Kategori Runduk Taktis jarak 600 meter pada Piala Panglima Devisi Infanteri I Kostrad Tahun 2018

* Juara II kategori Tembak Tepat Jarak 500 meter pada Kejuaraan Nasional Pangdam Jaya Cup Tahun 2019

* Juara I kategori Tembak Tepat tiga posisi jarak 300 meter pada Kejuaraan Nasional Danjen Kopassus Cup Tahun 2019

* Juara III jenis Air Pistol jarak 10 meter pada Piala Kemerdekaan Tahun 2020. (bev/ol)

Leave a Comment