Awardee LPDP Asal TTU Lanjutkan Studi Magister Teknik di AS

Awardee LPDP Christine Cecilia Go, pose bersama Ketua DPRD TTU, Hendrik Frederikus Bana, Kamis (15/7).

Gusty Amsikan 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Hendrik Frederikus Bana menerima kunjungan Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) asal Kabupaten TTU, Christine Cecilia Go. Dalam kunjungannya, Christine meminta dukungan moril karena akan berangkat ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan di University of Colorado Boulder.

Keberangkatan Christina untuk mengenyam pendidikan di Negeri Paman Sam itu diharapkan dapat memotivasi generasi muda di Kabupaten TTU untuk berjuang dan memanfaatkan kesempatan belajar sebaik mungkin demi meraih cita-cita yang diimpikan.

Awardee LPDP asal Kabupaten TTU, Christine Cecilia Go, ketika diwawancarai media ini, Kamis (15/7) di Kefamenanu menuturkan, setelah menamatkan kuliahnya di Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta, ia langsung bekerja sambil mencari informasi terkait beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan. Pada tahun 2018 ia kemudian menjalani serangkaian seleksi dalam program LPDP antara lain seleksi administrasi, akademik, hingga wawancara, sekaligus mendaftar di universitas tujuan di luar negeri, tepatnya di Amerika Serikat.

Pada akhir tahun 2018, ia dinyatakan diterima sebagai calon penerima beasiswa LPDP dan seharusnya berangkat pada tahun 2019. Sayangnya, universitas tujuan belum memberikan kesempatan baginya untuk mengenyam pendidikan di sana. Ia kemudian berpikir untuk mencari universitas tujuan di negara lain. Setelah mengonsultasikan hal tersebut dengan pihak LPDP, namun pihak LPDP memberikan kesempatan enam bulan lagi untuk mencari surat terima dari universitas di Amerika Serikat.

“Pihak LPDP menyarankan untuk mencoba sekali lagi ke Amerika Serikat karena kurikulumnya paling baik. Akhirnya saya putuskan mengundurkan keberangkatan saya ke tahun 2020.¬† Saya siapkan ulang dokumen dan daftar ke lima universitas berbeda, empat universitas di Amerika dan satu universitas di Inggris. Setelah pendaftaran, saya terima informasi bahwa saya diterima di empat tempat, tiga dari Amerika, yakni University of Illinoi, Urbana Campaign, University of Colorado Boulder, dan Washington University in St. Louis, dan satu universitas Inggris. Saya kemudian memilih di University of Colorado Boulder,”tutur anak pasangan Yustinus Daniel Go dan Yoice Vallerie Jap itu.

Christine menambahkan, seharusnya ia berangkat pada tahun 2020 lalu. Namun, karena pandemi covid-19, gadis kelahiran 24 Juli 1995 itu kembali menunda keberangkatannya ke tahun 2021. Ia meminta para generasi muda di NTT khususnya di Kabupaten TTU agar mengakses informasi sebanyak-banyaknya karena ada banyak kesempatan beasiswa yang disediakan Pemerintah bagi kaum muda.

Selain itu, Provinsi NTT dan Kabupaten TTU juga mendapat banyak perhatian dari Pemerintah dengan adanya beasiswa afirmasi daerah tertinggal, beasiswa  untuk PNS Polri dan beasiswa Indonesia Timur.

Sementara Ketua DPRD TTU, Hendrik Frederikus Bana memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Chiristine, putri TTU yang memiliki kesempatan menimba ilmu di Amerika Serikat. Christine merupakan aset kebanggaan TTU yang perlu didukung, didorong, dan disokong karena telah mengharumkan nama TTU, NT, dan Indonesia.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua Christine yang telah memberikan dukungan terbaik bagi putri mereka hingga dapat bersaing memperoleh kesempatan studi di Amerika Serikat. Dukungan tersebut tidak hanya berdampak bagi keluarga, tetapi juga bagi Indonesia, NTT dan TTU. (Yan/ol)

 

Leave a Comment