Bangkai KMP Jatra I mulai Dievakuasi

Sejumlah kapal dari PT. Three G Diving mulai mengevakuasi bangkai KM Jatra 1 milik PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang yang tenggelam di Dermaga Pelabuhan Bolok Kupang, kemarin. Foto: Maykal/VN
Sejumlah kapal dari PT. Three G Diving mulai mengevakuasi bangkai KM Jatra 1 milik PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang yang tenggelam di Dermaga Pelabuhan Bolok Kupang, kemarin. Foto: Maykal/VN

Maykal Umbu

Kapal Motor (KM) Jatra 1 milik PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang yang tenggelam di Dermaga Pelabuhan Bolok Kupang usai badai Seroja, 5 April 2021 lalu, bangkainya mulai di evakuasi oleh pihak PT. Three G Diving.

Pantauan VN, di Dermaga Dua Pelabuhan Bolok Kupang, Senin (21/6) siang, puluhan petugas evakuasi sedang melakukan berbagai pekerjaan dan tersedia beberapa alat apung bermuatan genset.

Sementara, tali yang akan digunakan untuk menarik bangkai kapal tampak menjulur masuk ke dalam air laut atau tepatnya menjulur ke lokasi di mana bangkai KM Jatra I tenggelam.

Selain itu, ada juga dua unit genset berukuran besar dalam kondisi menyala dan tidak jauh dari lokasi evakuasi ada tandon air berukuran 3.500 liter.

Bang Udin salah satu pekerja dari PT. Three G Diving saat ditemui di lokasi evakuasi, Senin (21/6) mengatakan evakuasi bangkai kapal sudah berjalan selama sebulan.

“Pekerjaan yang dilakukan saat ini pengapungan bagkai kapal, lalu dilanjutkan dengan penambalan bodi kapal yang mengalami kebocoran seperti pipa air. Proses tambal diperkirakan selesai pekan depan,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT. ASDP (Persero) Indonesia Cabang Kupang Cuk Priyatno melalui Manager Usaha PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang Hermin Welkis saat ditemui VN, di ruang kerjanya mengatakan, saat ini proses evakuasi bangkai KM Jatra I di Dermaga Dua Pelabuhan Bolok dalam proses pengerjaan dan diperkirakan selesai dalam waktu dekat.

“Masih dalam tahap pengerjaan dan kami usahakan selesai secepatnya agar dermaga dua segera berfungsi kembali,” Kata dia.
Meskipun dalam proses evakuasi, namun pihaknya terus melakukan pelayanan bagi calon penumpang yang menggunakan jasa pelayanan PT. ASDP (Persero) Indonesia Cabang Kupang. “Kami terus melakukan pelayanan,” jelasnya.

Terkait dengan kapal yang beroperasi dan docking, Hermin menyampaikan ada 6 unit kapal yang beroperasi dan 3 unit lainnya sedang docking. Dari 3 kapal yang sedang docking tersebut 1 unit sudah selesai dan segera kembali beroperasi.

“Enam unit kapal tersebut yakni KMP Cakalang II, KMP Lakaan, KMP Ile Mandiri, KMP Ranaka dan KMP Ile Ape. Sedangkan kapal yang docking itu KMP Inerie II dan KMP Ile Labalekan, sementara itu KMP Namparnos sudah selesai docking, saat ini dalam perjalanan dari galangan ke Kupang,” jelasnya.

Meskipun 3 unit kapal sedang dalam kondisi docking, namun operasional dalam pengangkutan orang dan barang tidak mengalami kendala.

“Selama ini tidak ada kendala karena dalam situasi pandemi ini produksi penumpang sama sekali belum kelihatan bahkan jauh dari situasi normal, jadi untuk pelayanan pelayaran pada lintasan tidak mengalami hambatan meskipun,” jelasnya.

Terkait hanya 1 dermaga yang beroperasi, ia menjelaskan, pihaknya tidak mengalami kendala. (mg-21/ari)

Leave a Comment