Bangkitkan Jiwa Bahari, Lanal Selenggarakan Festival Sail Perahu Layar

Sebanyak 26 perahu layar, saar berada di perairan sekitar Pelabuhan Maumere, Rabu (30/6) pagi. Foto: Yunus/VN
Sebanyak 26 perahu layar, saar berada di perairan sekitar Pelabuhan Maumere, Rabu (30/6) pagi. Foto: Yunus/VN

Yunus Atabara

Dalam rangka melestarikan perahu layar tradisional serta membangkitkan semangat jiwa bahari masyarakat maritim, Lanal Maumere menyelenggarakan festival Perahu layar dari Pelabuhan L Say Maumere menuju Kojadoi, Rabu (30/6) pagi.

Kegiatan Kojadoi Festival 2021 diikuti 26 Perahu layar tradisional milik para nelayan. Rute lomba dimulai dari Pelabuhan L. Say menyisir pantai utara Kota Maumere hingga Sea World Club menuju Kojadoi.

Pantauan VN di Pelabuhan L Say Maumere, sebanyak 26 perahu layar milik nelayan peserta lomba sudah berada di Pelabuhan mulai dari pukul 06.30 Wita dilengkapi layar dengan model dan corak yang berbeda.

Perlombaan terbagi dalam empat kategori, ukuran kurang 10 meter dari kayu dan fiber serta ukuran lebih dari 10 meter dari kayu dan fiber.

Pelayaran peserta lomba kategori pertama dilepas oleh Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, melepas kategori pertama, untuk perahu kayu dan fiber kurang dari 10 meter yang ditandai dengan penekanan tombol sirene. Sedangkan perahu layar dari fiber, kurang dari 10 meter dilepas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Maria Cahyani Idong.

Sementara, kategori perahu kayu lebih dari 10 meter untuk start 3, dilepas oleh Ketua DPRD Kabupaten Sikka Donatus David dengan empat peserta

Sedangkan tiga peserta lainnya, untuk kategori perahu layar dari fiber ukuran lebih 10 meter itu dilepas oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sikka, Fahmi.(bev/ol)

Leave a Comment