Bank NTT Dukung Aneka Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Tim penilai dari Kadin NTT, Blasius Lema, ketika mengunjungi BUMDes AU Wula, di Desa Detusoko Barat, Kabupaten Ende, Provinsi NTT.

Son Bara

 

Program pendampingan yang dilakukan Bank NTT mulai menunjukan hasil yang sangat positif bagi masyarakat. Masyarakat memberikan apresiasi kepada Bank NTT yang memberikan kemudahan dan berbagai terobosan dam pengembangan berbagai kegiatan usaha masyarakat.

Program pendampingan memacu masyarakat untuk terus mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki serta membuka pangsa pasar baru berbagai produk kerajinan dan potensi wisata yang dimiliki.

Kepala Desa Detusoko Barat, Nando Watu, kepada media ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank NTT, yang sudah memilih desa Detusoko Barat sebagai desa binaan Bank NTT.

“Atas nama seluruh masyarakat desa Detusoko Barat saya menyampaikan ucapan dan penghargaan yang tinggi bagi Bank NTT yang sudah memilih desa Detusoko Barat sebagai desa binaan Bank NTT. Di samping itu ada kebanggaan bagi kami masyarakat desa Detusoko Barat, bisa terlibat dalam lomba festival desa binaan Bank NTT. Dalam mendukung festival ini, selama enam bulan terakhir Bank NTT banyak mendukung aneka kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat desa. Penataan destinasi wisata dengan membangun infrastruktur berupa gapura renovasi kesekretariatan Bumdes, pengecetan Jembatan Loworia sebagai salah satu ikon unggulan wisata Detusoko Barat. Bank NTT juga mendukung produk lokal di desa dengan memfasilitasi dalam hal perizinan produk. Selain itu kegiatan promosi aneka potensi wisata Desa Detusoko Barat terus dilakukan,” tuturnya.

Hal yang paling penting bagi masyarakat, lanjut dia, Bank NTT mendukung program digitalisasi aneka potensi lokal desa. Bank NTT juga membantu dalam pembayaran secara digital berupa QRIS dan juga informasi.

Hal yang sama juga disampaikan mantan Kepala Desa Detusoko Barat, Stanislaus Satu. Menurutnya, program pendampingan yang diberikan Bank NTT sangat terasa bagi masyarakat. Ini bisa dilihat dari berbagai aktivitas usaha dan kegiatan produktif lainnya yang mulai dikembangkan masyarakat.

“Memang secara langsung belum begitu nampak bagi masyarakat, apalagi masih dalam pandemi Covid-19. Namun aktivitas usaha masyarakat mulai berjalan baik. Ini satu pertanda yang baik pula dalam upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Pembenahan di berbagai sektor unggulan terus dilakukan, dampaknya saat ini masyarakat sangat siap menerima kunjungan dari wisatawan. Hal yang betul dirasakan masyarakat dengan program bantuan modal usaha sangat membatu produktivitas masyarakat. Aktivitas usaha masyarakat di berbagai bidang mulai nampak, jika kondisi ini dipertahankan dan terus dijaga, ia yakin tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin baik. (Yan/ol)

Leave a Comment