Baru Dua Desa di SBD Siap Cairkan Dana Desa Tahap II

Kabid Pemdes pada Dinas PMD SBD, Yadi Baleko.

Frengky Keban

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi NTT, Yadi Baleko menyebut hingga kini baru 2 desa yang siap menyalurkan dana desa tahap kedua. Kedua desa tersebut adalah desa Matapyawau di Kec. Wewewa Timur dan Desa Wewela di Kecamatan Kodi Utara.

“Baru dua desa yaitu desa Matapyawau dan Wewela yang sebentar lagi kami proses pencairan dana desa tahap II-nya karena mereka telah melakukan pembagian BLT hingga Mei sesuai dengan aturan yang ada,”ungkap Yadi kepada VN, Rabu (21/7) pagi.

Sedang untuk tahap I sebut Yadi, setidaknya sudah ada 113 desa yang melakukan pencairan dana desa. Sementara 60 lainnya lanjutnya hingga kini belum melakukan pencairan akibat ketiadaan SPJ di tahun sebelumnya sebagai prasyarat. Hal ini ungkapnya berbeda dengan pencairan tahun sebelumnya dimana pihaknya masih mengijinkan pencairan walaupun tanpa SPj.

“Memang diakui dua tahun belakangan ini kita selalu ijinkan pencairan tapi sekarang kan sudah beda terlebih sudah ada perintah BPK untuk tidak ada lagi pencairan tanpa ada dokumen sesuai dengan tata cara penyaluran berdasarkan Permenkeu,”katanya.

Pihaknya akan mengeluarkan surat peringatan kepada 60 Desa yang belum mencairkan dana Desa tahap I untuk segera melengkapi dokumen APBDes dan SPj guna melakukan pencairan mengingat waktu yang semakin dekat.

Terpisah, Pj Kepala Desa Matapyawau, Yus Alvian Rewa kepada VN mengakui bahwa pihaknya memang akan melakukan pembagian BLT untuk bulan Mei sebagai salah satu prayarat melakukan pencairan.

“Hari ini pencairan dengan sasaran 173 KK penerima. Paling minggu depan sudah pencairan dana desa tahap II. Tentu ini yang sangat kami harapkan karena untuk kepentingan di desa. Nominal dana desa sendiri 40 persen dan tentu kami akan gunakan sesuai dengan peruntukkannya,”ungkap dia. (Yan/ol)

Leave a Comment