Belasan Negara akan Mengikuti Konferensi Polwan Sedunia di Labuan Bajo

Kadiv Hubinter Polri,Irjen Pol Johni Asadoma didampingi Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif dan Ketua Panitia IAWP,Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Juansih saat memberikan keterangan PERS di Labuan Bajo, Kamis 04 November 2021. Foto: Gerasimos Satria vn

Gerasimos Satria

 

Belasan negara dipastikan akan hadir dalam Kongres Polwan Internasional atau International Association of Woman Police (IAWP) Conference yang akan digelar di Labuan Bajo, Ibukota Kabupateb Manggarai Barat, NTT.

Kepala Divisi (Kadiv) Hubungan Internasional (Hubinter) Polri,Irjen Pol Johni Asadoma,Kamis (14/10) mengatakan pergelaran kongres Polwan sedunia dipastikan akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang. Hingga saat ini sudah 17 negara yang dipastikan ikut menghadiri pertemuan Polwan sedunia itu.

Dia mengatakan kesiapan Labuan Bajo sebagai tuan rumah pelaksanaan IAWP telah final.Sarana prasarana dan fasilitas pendukung lainnya telah disiapkan dan disiagakan lebih awal di Labuan Bajo, tempat lokasi kegiatan dan tempat penginapan peserta. Pihaknya yakin 100 persentelah mempersiapkan event internasional ini dan telah melakukan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana di Labuan Bajo.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan sejumlah negara akan mendaftar beberapa hari depannya. Seharusnya konferensi Polwan Internasional ini bakal menghadirkan sebanyak 300 hingga 500 orang Polwan yang merupakan perwakilan dari 50 negara di dunia.

Dia memastikan bahwa semua pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, pelaku usaha dan aparat keamanan, mendukung penuh pelaksanaan kegiatan pertemuan tersebut.

Johny Asadoma mengaku delegasi 17 negara itu akan tiba di Labuan Bajo pada awal November 2021.Total keseluruhan Polwan yang ikut event internasional tersebut berjumlah 150 orang.Pelaksanaan Konferensi Polwan sedunia berlangsung tanggal 6-12 November 2021.

Dia menyampaikan pelaksanaan event internasional itu tentu akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.Sejumlah obyek wisata di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) akan dikunjungi oleh peserta konferensi.

Dia mengaku Kapolri dan Ibu Kapolri juga memberikan atensi khusus tentang kegiatan ini dan Ibu Kapolri sebagai Ketua Asu Polwan akan memberikan Support yang maksimal dalam kegiatan Konferensi IAWP.Kegiatan ini akan menggairahkan dan meningkatkan kapasitas Polwan Polri sehingga ke depan dapat berkarier di tingkat nasional dan internasional.

Johny Asadoma menyampaikan Delegasi Indonesia nantinya merupakan Polwan dari seluruh Polda se-Indonesia. Setiap Polda nantinya akan mengutus 5 Polwan yang berkompeten.Dengan diadakannya acara ini, seluruh Polwan dapat memiliki pola yang sama untuk mewujudkan Women at The Center Stage of Police.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif menjelaskan bahwa Pelaksanaan Konferensi IAWP di Labuan Bajo, disambut baik Polda NTT. Sehingga perlu antisipasi dari aspek keamanan.Polda NTT melakukan penambahan perkuatan personel Polres Manggarai Barat serta penambahan Kompi Brimob di Manggarai Barat.Polda NTT juga siap mendukung sarana prasarana pendukung lainnya untuk memperlancar kegiatan itu pada November 2021 mendatang. (Yan/ol)

Leave a Comment