Bendungan Raknamo jadi Tempat Favorit di Akhir Pekan

Wisatawan lokal sedang menikmati keindahan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, NTT Minggu 25 Juli 2021. Foto:Putra Bali Mula/vn.

Putra Bali Mula

 

Bendungan Raknamo masih menjadi tempat favorit masyarakat. Hal ini tampak dari ramainya pengunjung di tempat itu terutama di akhir pekan.

Bendungan yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Januari 2018 ini ramai dengan kunjungan saat siang hingga petang hari.

Para pengunjung juga tidak dipungut biaya karcis masuk ke wilayah bendungan bahkan ada yang menyempatkan diri berolahraga seperti jogging. Tidak hanya itu, beberapa pengunjung juga menjual jasa fotografi kepada pengunjung lainnya.

Pantauan VN pada Minggu (25/7) mendapati hal tersebut. Pengunjung didominasi oleh kawula muda dan beberapa kelompok keluarga. Pengunjung lokal ini lebih banyak menggunakan seperti motor daripada kendaraan roda empat yang diparkiran di sekitar portal masuk ke bendungan itu.

Para pengunjung kebanyakan mengambil gambar atau berswafoto di area bendungan seperti di lopo hingga tugu nama bendungan di ujung lokasi itu.

“Ramai memang apalagi saat sore, itu banyak yang datang ke bendungan,” ujar Peter salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari sekitar lokasi tersebut.

Untuk diketahui Bendungan Raknamo terletak di Kabupaten Kupang dan mampu menampung 14 juta meter kubik air dengan kebutuhan luas lahan kurang lebih 197,34 hektare.

Bendungan ini melayani kebutuhan air baku bagi warga Kabupaten Kupang 100 liter/detik, kebutuhan air untuk lahan irigasi seluas 1.250 hektare, mengurangi genangan air pada daerah hilir sungai Puames dan sekitar Kota dan Kabupaten Kupang serta untuk pengembangan pariwisata. (Yan/ol)

Leave a Comment