BNPB Susun Rencana Kontingensi Hadapi Gempa dan Tsunami di Manggarai Barat

Workshop penyusunan rencana lontingensi menghadapi bncana gempa Bumi dan tsunami. Foto: Gerasimos/VN
Workshop penyusunan rencana lontingensi menghadapi bncana gempa Bumi dan tsunami. Foto: Gerasimos/VN

Gerasimos Satria

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama OPD di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menyusun rencana kontingensi sebagai upaya menghadapi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (12/10) siang.

Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terkait kebencanaan khususnya bencana gempa bumi dan tsunami.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat Kasim Bura mengatakan Pemkab Manggarai Barat agar dapat merespon bencana secara cepat dan efektif.

M Manggarai Barat meliputi gempa bumi,Tsunami,Gelombang Tinggi,Longsor,Banjir,Angin Puting Beliung,Abrasi,kebakaran pemukiman penduduk serta kebakaran hutan dan pemukiman.

Menurutnya, dokumen rencana Kontingensi sangat penting bagi Manggarai Barat dan bukan hanya milik BPBD atau BNPB tapi juga milik Pemkab. Perhatian dan bantuan pembangunan di bidang kebencanaan yang diberikan kepada daerah Manggarai Barat sebagai bagian intergal dari negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait ancaman bencana longsor, banjir, angin puting beliung dan gelombang tinggi, BPBD Manggarai Barat meminta kepada BNPB untuk memberikan peralatan peringatan dini atau early warning sistem dan memberikan pelatihan untuk penguatan kapasitas SDM di daerah.

Kasim juga meminta BNPB untuk memberikan bantuan peralatan evakuasi dan mobilisasi korban serta  logistik seperti kapal evakuasi, speedbot, perahu karet dan jaket penyelamat. Beberapa alat berat pun dibutuhkan untuk penanggulangan bencana terutama saat akses jalan dan jembatan di wilayah Manggarai Barat tertutup material longsor.

Kasubdit Perencana Siaga BNPB, Dyah Rusmiasih mengatakan rencana kontingensi itu dibuat secara partisipatif, kolaboratif dan berdasarkan kesepakatan dari semua OPD di Kabupaten Manggarai Barat. Rencana kontingensi yang telah dibuat ini dapat diaktivasi menjadi rencana operasi jika bencana benar-benar terjadi di wilayah Manggarai Barat nantinya

Dia menyampaikan penyusunan rencana kontingensi merupakan salah satu program prioritas BNPB.BNPB memfasilitasi pembuatan dokumen rencana kontingensi di berbagai kabupaten di seluruh Indonesia.
(bev/ol)

Leave a Comment