Bupati Manggarai Barat Dukung Politeknik eLBajo Commodus Pimpin Akselerator Daerah

Civitas akademika Politeknik eLBajo Commodus saat bertemu Bupati Manggarai Barat,Edistasius Endi.
Civitas akademika Politeknik eLBajo Commodus saat bertemu Bupati Manggarai Barat,Edistasius Endi.

Gerasimos Satria

Civitas akademika Politeknik eLBajo Commodus melakukan audiensi dengan Bupati Manggarai Barat (Mabar),Edistasius Endi,Kamis (4/11) siang.

Mereka bertemu bupati untuk mendiskusikan terkait persiapan pelaksanaan kegiatan Menara Vokasi di bulan November – Desember 2021 mendatang.

Bupati Mabar Edistasius Endi mendukung penuh program Menara Vokasi yang akan digalakkan kampus Politeknik eLBajo Commodus. Politeknik eLBajo Commodus telah mengambil inisiatif dalam menggerakkan akselerator daerah yang terdiri dari unsur pentahelix untuk bersama-sama membangun ekosistem kepariwisataan di Mabar.

Dia menjelaskan pariwisata merupakan leading sektor pembangunan di Manggarai Barat. Kehadiran Politeknik eLBajo Commodus telah membantu pemerintah daerah menyiapkan masyarakat untuk bekerja di industri pariwisata.

Dia menyampaikan Politeknik eLBajo Commodus telah mengambil langkah awal untuk ikut menhsejahterakan masyarakat dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas agar dapat menjadi batu loncatan bagi kemajuan perekonomian dan pemerataan khususnya di wilayah Manggarai Barat ini.

Edi Endi merincikan jumlah masyarakat yang bergerak disektor jasa industri pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat sekitar 4 Ribu lebih. 78 Persen masyarakat Manggarai Barat bekerja di sektor pertanian.

Ia ingin sektor pariwisata mampu mendorong masyarakat Mabar sejahtera.

Dukungan Politeknik eLBajo Commodus sangat penting untuk melahirkan masyarakat yang siap bekerja pada sektor pariwisata.

Dia mendorong Politeknik eLBajo Commodus untuk berperan penting mengembangkan SDM pariwisata.

Keberadaan Politeknik eLBajo Commodus di Labuan Bajo sangat penting strategis dalam mengembangkan dan memajukan dunia pariwisata Indonesia, khususnya dalam memberi kontribusi SDM.

“Terutama untuk penyiapan SDM pariwisata tentu Pemerintah Daerah Manggarai Barat tidak bisa berdiri sendiri. Dan bagi saya keberadaan Politeknik eLBajo Commodus di Labuan Bajo sangat strategis sebagai agent of change atau agen perubahan yang efektif dalam memajukan masyarakat kita. Maka saya meminta Politeknik eLBajo Commodus khususnya yang mempunyai program studi pariwisata, ikut menyiapkan insan akademiknya. Karena pengembangan pariwisata berkelanjutan adalah komunitasnya masyarakat,”ujar Edi Endi.

PIC program Menara Vokasi, Fitri Ciptosari mengatakan Politeknik eLBajo Commodus terpilih menjadi akselerator daerah Program Menara Vokasi Periode 2021 bersama empat politeknik lainnya yaitu Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Politeknik Negeri Banjarmasin.Pihaknya bertemu Bupati Manggarai Barat untuk memaparkan program Menara Vokasi dan mengundang Bupati untuk hadir dalam kegiatan Menara Vokasi nantinya.

Dia menyampaikan inisiatif Politeknik eLBajo Commodus diwujudkan dalam kegiatan Menara Vokasi yang diselenggarakan di bulan November – Desember 2021 mendatang. Serangkaian kegiatan FGD akan melibatkan kemitraan Pentahelix dari pemerintah, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), komunitas, media dan akademisi.

Fitri menyampaikan dalam mendukung upaya perwujudan Destinasi Super Prioritas (DSP) Labuan Bajo melalui pembangunan pariwisata inklusif, maka diperlukan kerjasama Pentahelix antar stakeholder pariwisata diantaranya Pemerintah, Dunia Industri, Akademisi, Komunitas, dan Media dalam akselerasi pembangunan daerah melalui matching potensi antara kesatuan pendidikan vokasi dan potensi daerah.Serta lebih khusus dalam upaya mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas yang diyakini dapat menciptakan multiplier effect di daerah.

“Oleh karena itu, kemitraan Pentahelix dalam upaya mendukung ekosistem kepariwisataan di DSP Labuan Bajo sebagai leading sector pembangunan di Manggarai Barat menjadi Keunggulan Spesifik Program Pembangunan Kemitraan Satuan Pendidikan Vokasi – DUDI yang diusulkan oleh Politeknik eLBajo Commodus,” jelas Fitri. (bev/ol)

Leave a Comment