Bupati SDB Angkat 865 Sarjana Pelopor Pembangunan Desa

Kabid Pemdes pada Dinas PMD SBD, Suryadi V. Beleko
Kabid Pemdes pada Dinas PMD SBD, Suryadi V. Beleko

Frengky Keban

Bupati Sumba Barat Daya (SBD) merekrut 865 Sarjana Pelopor Pembangunan 7 Jembatan Emas. Pengangkatan 865 sarjana/diploma ini tertuang dalam Keputusan Bupati SBD Nomor 224/Kep/HK/2021.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Suryadi V. Beleko kepada VN, Rabu (23/6) siang menjelaskan pengangkatan para sarjana merupakan upaya pemerintah memberi kesempatan bagi para sarjana untuk aktif menyukseskan program unggulan pemerintah 7 Jembatan di desa.

“Tugas mereka masih sama seperti tahun sebelumnya yakni mengumpulkan informasi berhubungan dengan pencapaian Program 7 Jembatan Emas. Misalnya, mereka akan mendata sumber air dan bagaimana pemanfaatan air bagi masyarakat di desa dan hal lain yang penting untuk pembangunan desa,”katanya.

Terkait, kritikan keras publik atas kontribusi yang minim bahkan tidak ada dari para sarjana di tahun sebelumnya, Suryadi mengatakan pihaknya menerima kritikan sebagai bagian dari saran membangun untuk bisa lebih baik. Para sarjana yang direkrut tahun ini akan mengikuti bimtek sebelum turun lapangan. Tujuannya, agar mereka memahami tugas dan fungsi mereka di desa.

“Rencana hari Jumad ini mulai bimtek cuma masih dikomunikasikan karena saat ini juga kita masih disibukkan dengan Pilkades. Tentu evaluasi kita lakukan. Buktinya, para sarjana pelopor desa kali ini bukan saja diisi orang lama tapi juga orang baru. Kita berharap kehadiran mereka bisa membantu kerja pemerintah dalam menyukseskan 7 Jembatan Emas. Nama-nama para sarjana yang lolos dalam SK nanti bisa dilihat di SK yang kami titip di tempat fotocopi belakang kantor Dinas Kesehatan SBD,” tambahnya. (bev/ol)

Leave a Comment