Bursa Calon Ketua Asprov PSSI NTT, Chris Mboeik Tepis Propaganda Dirinya Mundur  

BINCANG-BINCANG: Calon Ketua Asprov PSSI NTT 2021-2025 Chris Mboeik (tengah kanan) saat berbincang-bincang dengan para wartawan di Excelso Amaris Hotel, Rabu (21/7) petang. DOK VN

Kekson Salukh

 

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI NTT baru akan menggelar Kongres Biasa pada 4 Desember mendatang. Namun, kongres dengan agenda utama pemilihan pengurus Asprov PSSI NTT periode 2021-2025 itu, mulai memanas oleh intrik-intrik tidak bertanggung jawab.

Intrik-intrik tersebut menimpa salah satu kandidat kuat calon Ketua Asprov PSSI NTT, Petrus Christian Mboeik. Pria energik yang biasa disapa Chris Mboeik ini, dipropagandakan telah mengundurkan diri dari bursa pencalonan Ketua Asprov.

“Saya kaget waktu mendapat telepon dari sejumlah pengurus Askab yang bertanya apakah benar, saya sudah mundur dari pencalonan. Untuk itu, saya ingin mempertegas kembali komitmen bahwa tetap maju untuk perubahan di dalam tubuh PSSI NTT,” ujar Chris saat bincang-bincang sore dengan wartawan di Excelso Amaris Hotel, Rabu (21/7) petang.

Chris menegaskan, keputusannya untuk memimpin PSSI NTT telah bulat. Selain telah mendapat “dukungan” dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, juga optimistis mendapat dukungan dari berbagai Asosiasi Kabupaten (Askab) di berbagai kabupaten/kota.

“Yang saya katakan kepada teman-teman yang meminta saya maju, saya lebih senang kalau (dipilih secara) aklamasi. Untuk itu saya standby sambil terus membangun komunikasi dengan asosiasi kabupaten/kota. Bukan mundur,” tambah mantan Wapimpred koran Nasional Suara Pembaharuan itu.

Ditanya apakah tujuan maju dalam pemilihan, Chris mengaku semangat perubahaan sepakbola NTT adalah tujuan utama. Baginya, perubahan bukan semata-mata soal perubahan struktur kepengurusan.

“Spirit perubahan bukan semata soal perubahan struktur dan ganti orang. Bagi saya semua yang baik (program) yang dilakukan pengurus lama akan ditingkatkan. Yang belum dilakukan, akan dilakukan pengurus baru. Tidak selamanya pengurus lama itu salah….pasti ada hal baik yang sudah dilakukan dan itu yang kita akan tingkatkan,” tegas Chris yang juga Wakil Ketua DPRD NTT ini.

Beberapa bulan lalu Chris Mboeik mengaku siap memimpin Asprov PSSI NTT jika ada aspirasi. “Kalau aspirasi meminta saya, saya siap. Tidak ada alasan bagi saya untuk menolak menjadi ketua Asprov PSSI NTT. Saya pikir memang sudah saatnya sepakbola NTT di bawah ke arah yang benar. Tidak cukup saja meloloskan NTT ke PON, tapi ada banyak hal yang mesti dibenahi di PSSI NTT. Kita masih jauh ketinggalan dari daerah lainnya,” kata Chris Mboeik yang adalah pembina di Klub Platina FC Kota Kupang.

Informasi yang dihimpun VN menyebutkan, beberapa calon mulai dielus 23 pemilik hak suara untuk dicalonkan sebagai ketua, wakil ketua maupun exco. Selain Chris Mboeik, muncul nama mantan calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 Farry Djemi Francis.

Farry yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Asabri yang berkantor di Jakarta itu, bahkan sudah mendaftarkan diri ke panitia pencalonan beberapa hari lalu.

Selain itu juga muncul nama calon Exco seperti Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) NTT 2018-2023 Jimmy Sianto, Owner Kristal FC David Fulbertus, Femi Bapa (Ketua AFD Sikka), Ridwan Angsar, Fery Cangkung, Mohammad Ansor, Bonni Jebarus, Aloyisius Malo Ladi (ketiganya unsur DPRD NTT, dan sejumlah nama lainnya.

Sementara itu, pemilik Platina FC Melkisedek Lado Madi juga mengaku mendapat kontak dari sejumlah pengurus Askab yang mempertanyakan mundurnya Chris Mboeik dari bursa calon Ketua.
“Saya menerima telepon dari kawan-kawan di daerah yang mengaku mendapat kabar dari oknum-oknum bahwa Pak Chris mundur dan memilih menjadi anggota Exco. Untuk itu, kami perlu meluruskan,” bebernya.
Ditanya sudah mengantongi berapa askab untuk mengusung Chris Mboeik, Eki Madi hanya mengatakan semua sudah siap.

“Konsolidasi dan sosialisasi sudah dibangun sejak dua bulan lalu di askab. Dan Puji Tuhan, dukungan yang kami dapat sungguh di luar dugaan. Intinya kawan-kawan ingin PSSI NTT berubah. Kita tunggu saja,” kata Eki dan menambahkan Chris Mboeik adalah harapan untuk membawa perubahan di dalam tubuh Asprov PSSI NTT. (paa/ari/Yan/ol)

 

AGENDA PEMILIHAN KETUA ASPROV NTT
(PERIODE 2021 – 2025)

– Pendaftaran Bakal Calon 3 Juli-3 September 2021
– Verifikasi Dokumen Bakal Calon 4-6 September 2021
– Pengumuman Hasil Verifikasi   7-9 September 2021
– Pendaftaran Banding 10-12 September 2021
– Pengumuman Hasil Banding 13-15 September 2021
– Pengumuman Calon   16-18 September 2021
– Kongres Asprov PSSI NTT 4 Desember 2021
——————————————————–
Sumber: Asprov PSSI NTT

Leave a Comment