Cegah Halinar, Petugas Rutan dan Lapas Geledah di Ruang Tahanan

Penggeledahan di Rutan dan Lapas Kupang, Senin (19/7).

Simon Selly

Untuk mencegah barang larangan di ruang tahanan baik itu HP, Pungutan Liar dan juga Narkoba (Halinar), Rutan dan Lapas Kupang gelar pemeriksaan di ruangan tahanan.

Kegiatan penggeledahan tersebut diselenggarakan secara serentak pada Senin (19/7) pagi.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IIB, Roq Osingmahi kepada VN, menyampaikan bahwa kegiatan penggeledahan tersebut dilakukan secara rutin agar dapat mengontrol dan menjaga situasi aman dan tertib serta bebas dari Halinar (HP, Pungli, dan narkoba).

Dalam pencegahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kupang, melingkupi internal Rutan dan Lapas Kelas IIB Kupang.

Mengawali kegiatan, Kepala Kesatuan Pengamanan, Roq Osingmahi memberikan instruksi dan pengarahan terkait kegiatan razia ini. Tak lupa, seluruh peserta diharuskan untuk mengawali kegiatan dengan doa dan juga mengenakan masker untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Hari ini kita laksanakan razia rutin di blok B yang mana bertujuan untuk melakukan deteksi dini dan mencegah gangguan keamanan dan ketertiban dalam rangka mendekati hari raya keagamaan sesuai instruksi Dirkamtib,” ungkap Roq Osingmahi.

Dia juga menjelaskan bahwa, dari hasil Razia dan penggeledahan yang digelar pukul 10.30
sampai dengan 11.30 Wita, petugas berhasil mengamankan beberapa benda yang berpotensi dijadikan senjata tajam.

“Kita berhasil amankan benda-benda yang dilarang di antaranya paku, botol kaca, silet, besi, pemantik, alat cukur dan juga ikat pinggang. Barang-barang ini merupakan yang dilarang,” jelasnya.

Barang larangan yang ditemukan akan dimusnahkan. Ia berharap dengan penggeledahan yang rutin dilakukan, ke depannya dapat tercipta kondisi yang kondusif, aman terkendali dan tertib pada Rutan Kelas IIB Kupang. (Yan/ol)

 

Leave a Comment