Cegah Penyakit, Anjing juga Perlu Mendapat Vaksin

Putra Bali Mula

Tak hanya soal kebersihan fisik, para penyayang anjing perlu rutin memeriksa kesehatan dan memberikan vaksin.

Vaksinasi menjadi penting karena hewan seperti anjing perlu mendapatkan perhatian agar terhindar dari penyakit-penyakit yang fatal.

“Vaksin ini untuk mencegah dari penyakit-penyakit itu,” jawab drh. Elfirst dari Rumah Sakit Hewan UPT Veteriner NTT kepada VN Rabu (14/7).

Prinsipnya, vaksinasi merupakan langkah pencegahan hewan dari penyakit. Terdapat jenis-jenis vaksin yang disediakan di Rumah Sakit Rumah Sakit Hewan UPT Veteriner NTT meliputi vaksin terhadap penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

“Totalnya vaksin untuk enam jenis penyakit,” ungkapnya.

Para penyayang anjing dapat melihat kondisi anjing sebelum divaksin. Untuk pemberian vaksin kepada anjing, kata dia, anjing harus dalam keadaan sehat seperti aktif, makan dan minumnya normal, tidak ada gejala-gejala sakit ringan. Umur minimal bagi hewan ini untuk menerima vaksin adalah enam minggu atau satu setengah bulan.

“Kalau bisa informasi terkait data kelahiran hewan peliharaan itu perlu diketahui benar,” kata dia.

Rumah Sakit Hewan UPT Veteriner NTT sudah beroperasi sejak 2009 dengan berbagai pelayanan mulai dari pengobatan, grooming, vaksinasi maupun pelayanan ke rumah. Pelayanan di rumah sakit ini mulai dari pukul 08.00 hingga 20.00 Wita.

Rumah sakit ini juga akan menggelar vaksinasi bagi hewan khusus anjing mulai 15 hingga 16 Juli dengan syarat usia anjing minimal 6 minggu, juga dalam kondisi sehat dan sudah diberi obat cacing.

Vaksinasi untuk anjing ini dilihat dari dominasi anjing yang sering dihantarkan untuk mendapatkan layanan medis di Rumah Sakit Hewan UPT Veteriner NTT. (bev/ol)

Leave a Comment