Covid-19 terus Meningkat, Warga Diminta Disiplin Jalankan Prokes

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu.

Frangky Johannis

 

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu mengimbau warga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes), mengingat kasus Covid-19 terus meningkat.

Bupati Paulina menyebutkan, berdasarkan data Satgas Covid-19 Rote Ndao, Sabtu (10/07/2021), terjadi penambahan kasus positif sebanyak 39 orang, sehingga totalnya mencapai 196 orang.

“Pasien terkonfirmasi positif terus bertambah, sehingga saya harapkan masyarakat benar-benar disiplin menerapkan prokes,” kata Bupati Paulina yang dikonfirmasi VN melalui telepon selulernya, Minggu (11/07/2021).

Menurutnya, melihat tren kasus terkonfirmasi positif yang terus meningkat, maka masyarakat harus lebih waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, menghindari kegiatan yang sifatnya mengumpulan banyak massa, dan tidak bepergian jika tidak ada keperluan mendesak.

“Kami sudah mengeluarkan Instruksi tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Belajar Dari Rumah dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19. Kami harapkan ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh, demi kebaikan kita bersama,” katanya.

Menurut Bupati Paulina, walau sudah memberlakukan kebijakan kerja dari rumah dan belajar dari rumah, namun pelaksanaan pelayanan publik tetap berjalan dengan menggunakan mekanisme yang sudah ditetapkan den peanfaatan teknologi dan aplikasi yang telah disediakan.

202 Kasus, 6 Sembuh

Terpisah, Ketua Ketua Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Rote Ndao Jonas M Selly menjelaskan, hingga hari ini, total akumulasi warga Rote Ndao yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 616 orang, dengan rincian 411 orang sembuh, 9 meninggal dunia, dan 196 sementara dalam perawatan di tempat karantina terpusat, RSUD, dan karantina mandiri.

Dikatakan Jonas, kasus terkonfirmasi sesuai hasil tracing terhadap kontak erat pasien Covid-19 dan pemeriksaan mandiri di sejumlah wilayah kecamatan,Sabtu (10/07/2021), terjadi penambahan sebanyak 39 kasus baru.

Sesuai data Satgas, jelas Jonas, positif Covid-19 yang kembali terjadi sejak 21 Juni 2021 lalu, totalnya mencapai 202 kasus. Di mana 6 orang di antaranya dinyatakan sembuh setelah menjalani karantina, sementara yang tersisa 196 orang yang masih perlu dilakukan penanganan dan pelayanan kesehatan.

“Jadi sejak 21 Juni lalu, pasien yang sudah sembuh selama 14 hari karantina sebanyak 6 orang. Sementara 196 orang lainnya masih dalakukan pelayanan kesehatan dan observasi selama 14 hari sesuai tanggal yang bersangkutan dikarantina. Mudah-mudahan dalam penanganan bisa sembuh dan tidak ada korban jiwa,” katanya. (yan/ol)

 

Leave a Comment