Dana Desa Bisa Dimanfaafkan Untuk Pendidikan

Putra Bali Mula

Pemerintah Provinsi NTT mengingatkan agar Dana Desa dapat diperuntukkan bagi pendidikan keahlian anak desa. Dana Desa tidak saja fokus pada infrastruktur.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat melalui Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT Marius Ardu Jelamu menilai pemerintah daerah perlu memahami ini.

Para bupati juga perlu berkoordinasi dengan kepala desa dalam pengelolaan dana desa yang diperuntukkan bagi pendidikan vokasi anak-anak desa.

Pendidikan keahlian dimaksud antara lain pertukangan, industri, pariwisata dan sebagainya yang tidak harus pendidikan formal tetapi juga pelatihan agar SDM desa profesional.

“Sehingga dana desa dapat menghasilkan output yang baik khususnya pemuda pemudi dari desa,” ujar dia kepada media di sela kunjungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Pelabuhan Tenau Kupang, Rabu (30/6).

Gubernur NTT sendiri, lanjutnya, ingin SDM di desa mumpuni pada bidang-bidang khusus sehingga tidak mendatangkan lagi SDM dari luar. Hal ini tentu dapat mendorong desa berkualitas dengan memanfaatkan infrastruktur yang telah disediakan.

“Untuk meningkatkan ekonomi di desa terpencil dengan SDM desa yang bisa mengelola potensi desa,” ujarnya.

Dana desa dikelola untuk semua sektor tidak saja infrastruktur agar bermanfaat pertumbuhan bagi ekonomi NTT. Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Dana Desa, ungkapnya, adalah hal utama. (bev/ol)

Leave a Comment