Danlanal Maumere Presentasikan Rencana Kojadoi jadi KBN di DPRD Sikka

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga, saat memaparkan rencana pengembangan destinasi wisata bahari Kojadoi, di DPRD Senin (31/5) siang. Foto: Yunus vn

Yunus Atabara

 

Danlanal Maumere mempresentasikan rencana Lanal Maumere dalam mengembangkan sumber daya alam Desa Kojadoi menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN) di DPRD Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, Senin (31/5) siang.

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga, dalam pemaparan di hadapan pimpinan dan anggota DPRD Sikka menjelaskan bahwa perlu rencana pengembangan Desa Kojadoi untuk disiapkan sebagai destinasi wisata unggulan.

“Kojadoi perlu dikembangkan menjadi destinasi unggulan. Karena itu dari Lanal Maumere menjadikan Kojadoi sebagai Kampung Bahari Nusantara,” katanya.

Fasilitas dasar sudah ada di Desa Kojadoi yakni listrik, air dan masyarakat tanggap wisata. Oleh karena itu perlu ada fasilitas pendukung pariwisata berupa peralatan seperti flyng fox, banana boat, jetsky, restaurant serta home stay.

Perlu dilaksanakan ekspos dan blow up wisata Kampung Bahari Nusantara di Kojadoi untuk menarik wisatawan domestik maupun asing karena saat ini sudah menjadi obyek wisata daerah Kabupaten Sikka. Selain itu, pelatihan pengelolaan pariwisata bagi masyarakat setempat juga penting dilaksanakan.

Pemaparan Danlanal Maumere mendapat respons positif dari sejumlah anggota dan pimpinan DPRD Sikka. Mereka mengapresiasi terobosan dan rencana Danlanal dalam mengembangkan potensi wisata bahari di Kojadoi.

Alfridus Aeng, anggota DPRD Sikka dari PKPI mengatakan bahwa rencana Danlanal, jauh lebih baik dari pada rencana pemerintah dalam mengembangkan wisata.

“Setiap tahun pemerintah anggarkan miliaran rupiah tetapi nyaris tidak ada hasil. Langkah Danlanal ini sangat luar biasa, kami sangat dukung dan kami akan bahas secara serius,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Yosef Nong Soni dari Fraksi NasDem yang meminta agar DPRD bersama pemerintah membahas anggaran untuk pengembangan destinasi wisata Kojadoi oleh Lanal Maumere.

“Kami yakin kalau Lanal yang kerja pasti hasilnya nyata. Ini perlu diagendakan bersama pemerintah untuk membahas anggaran untuk pengembangan destinasi wisata Kojadoi,” ujarnya.

Rekomendasi DPRD Sikka yang dibacakan oleh Ketua DPRD Sikka, Donatus David, selaku pimpinan sidang Rapat Dengar Pendapat (RDP) pengembangan destinasi wisata Kojadoi oleh Danlanal Maumere mengatakan DPRD akan mendorong pemerintah menganggarkan dalam APBD perubahan.

“Niat baik Lanal Maumere dalam mengembangkan destinasi wisata Kojadoi, kita akan bahas bersama pemerintah agar dianggarkan pada APBD perubahan,” kata Ketua DPRD Sikka. (Yan/ol)

Leave a Comment