Danlantamal Mengambil Sumpah 10 Perwira Penyidik Lanal Maumere

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga saat melantik penyidik Lanal Maumere, Kamis (10/6) pagi. Foto: Yunus/VN
Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga saat melantik penyidik Lanal Maumere, Kamis (10/6) pagi. Foto: Yunus/VN

Yunus Atabara

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa, mengambil sumpah 10 perwira Lanal Maumere, Kamis (10/6) pagi di Mako Lanal Maumere secara virtual.

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga mengatakan tugas Angkatan Laut dalam Pasal 9 UU No 34 Tahun 2004 yakni menegakan hukum yuridiksi nasional maupun internasional yang telah diratifikasi. 10 perwira Lanal Maumere yang sudah disumpah berhak melakukan penyidikan terhadap pelanggaran yang terjadi di laut.

“Dengan demikian, mulai sekarang perwira penyidik lanal Maumere berhak mengambil keterangan, dan menetapkan status tersangka bagi pelanggar tindak pidana tertentu di laut,” kata Yoga

Setiap pelanggaran tindak pidana tertentu yang terjadi laut mulai saat ini akan disidik langsung oleh penyidik Lanal Maumere dengan tetap berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Sikka.

“Kita akan berkoordinasi dengan kejaksaan terutama terkait Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP). Kita tetap bersinergi dalam penegakan hukum di laut,” ujarnya.

Masyarakat maritim dan siapapun yang bergerak di bidang maritim, wajib menaati peraturan yang berlaku di wilayah yuridiksi nasional maupun internasional.

Ia mengatakan menjaga keamanan dan kenyamanan di laut tidak semata tugas TNI AL. Semua stakeholder dan masyarakat menjaga bertugas menjaga perairan di Indonesia.

Kepala Kejaksaan Negeri Sikka, Fahmi kepada VN mengapresiasi langkah TNI AL yang sudah melantik perwira penyidik untuk penanganan kasus pelanggaran tindak pidana tertentu yang terjadi laut.

“Ini adalah sebuah wujud sinergitas yang baik dalam penegakan hukum khususnya pelanggaran tindak pidana tertentu di laut,” kata Fahmi.

Usai upacara pengambilan sumpah kegiatan dilanjutkan dengan latihan tembak di Lapangan Tembak Mako Lanal Maumere.(bev/ol)

Leave a Comment