Demokrat Resmi Dukung Paket Helama Tona Ie

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke (kiri) dan Yohanis Uly Kale (kanan) sowan kepada Ketua DPD Demokrat Jefri Riwu Kore di Kupang, semalam.
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke (kiri) dan Yohanis Uly Kale (kanan) sowan kepada Ketua DPD Demokrat Jefri Riwu Kore di Kupang, semalam.

Teka-teki kepada Partai Demokrat berlabuh pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabu Raijua 7 Juli mendatang, akhirnya terjawab sudah.

Partai utama yang sukses memenangkan Paket Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly pada Pilkada Sabu Raijua 9 Desember 2020 itu, akhirnya resmi mengalihkan dukungan kepada duet Nikodemus Rihi Heke-Yohanis Uly Kale (Helama Tona Ie).

Kepastian tersebut diperoleh setelah Ketua DPD Demokrat NTT Jefri Riwu Kore mengeluarkan instruksi kepada seluruh jajaran Partai Demokrat Sabu Raijua untuk bekerja memenangkan Paket Helama Tona Ie.

Surat tertanggal 16 Juni 2021 itu, diserahkan langsung oleh Jefri kepada Nikodemus Rihi Heke dan Yohanis Uly Here semalam di Kupang.

Dalam surat bernomor 17/Ins/DPD PD/IV/2021 tersebut, Jefri menginstruksikan kepada para pengurus DPC Demokrat Sabu Raijua untuk mulai bekerja memenangkan Helama Tona Ie pada 7 Juli mendatang.

Dengan bergabungnya Demokrat, maka sampai saat ini sudah tiga parpol yang bergabung bersama NasDem dan PKB dalam Helama Tona Ie. Kedua partai lainnya adalah Gerindra dan Perindo.

Frans Kape selaku Kepala Bappilu DPD Partai Demokrat NTT, yang dikonfirmasi menerangkan, bahwa partai Demokrat menyerahkan seluruhnya kepada DPC Partai Demokrat Sabu Raijua.

“Karena Demokrat Sabu, yang lebih tahu dari dua Paslon yang ikut PSU. Siapa yang pantas didukung. Sedangkan dari Bappilu DPD Demokrat sendiri, tidak ada arahan dalam kamus Demokrasi versi Partai Demokrat, tidak mengenal arahan,” ungkapnya kepada VN.

 

Belum Jelas
Sekretaris DPC PDIP Sarai, Intho Djami ketika dihubungi VN, pada Rabu (16/6) petang, menerangkan bahwa hingga saat ini dukungan kepada kedua pasangan calon (Paslon) yang akan mengikuti PSU Sarai, pihaknya belum memiliki pilihan dukungan.

“Belum ada rekomendasi dukungan PDIP ke paket manapun, sebelumnya dalam Rakercab kita sudah minta DPD partai untuk segera memutuskan. Tapi sampai saat ini belum ada,” tulisnya dalam pesan whatsappnya kepada VN.

Dia menambahkan, sebelumnya Rakercab yang telah selesai pada tanggal 5 Juni lalu, salah satu rekomendasinya ialah meminta DPD dan DPP partai agar segera memutuskan dukungan pada paslon dalam PSU Sarai.

“Rakercab sudah di laksanakan 5 Juni lalu, salah satu rekomendasi adalah meminta DPD dan DPP partai menentukan arah dukungan dalam PSU Sabu rRaijua tanggal 7 Juli 2021,” terangnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai PDIP NTT, Emelia Julia Nomleni saat dikonfirmasi VN, belum memberikan keterangan yang pasti.

Ketua DPC Partai Demokrat Sabu Raijua Frans Djaraliwe, yang turut dikonfirmasi tidak merespons walaupun telah ditelepon berulang kali, dan dikirim pesan WhatsApp walaupun dilihat namun tidak merespons juga. (mg-22/paa/ari)

Leave a Comment