Diduga Keracunan Ikan Buntal, 4 Warga Sikka Meninggal

Para korban keracunan ikan buntal saat dirawat di IGD RS TC Hillers Maumere, Minggu (27/6) malam.

Yunus Atabara 

Sekitar 10 orang warga Hoder, Desa Hoder Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, keracunan setelah makan ikan buntal dan dilarikan ke RS TC Hillers Maumere, 4 orang diantaranya meninggal dunia.

Kades Hoder, Martha Bunga, kepada VN Minggu (27/6) malam di IGD RS TC Hillers Maumere mengatakan, 10 warganya tersebut mengalami mual dan pusing-pusing setelah mengonsumsi ikan buntal.

Akhirnya 10 orang tersebut dilarikan ke IGD RS TC Hillers Maumere oleh warga sekitar. Setelah mendapat informasi dari warga, lanjut Martha Bunga, selaku kepala desa langsung menuju ke IGD RS TC Hillers Maumere.

“Saya dapat informasi dari warga, bahwa mereka mengalami pusing dan mual usai makan ikan buntal. Mereka langsung dilarikan ke IGD RS TC Hillers. Sebanyak 4 orang dinyatakan meninggal dan sisanya masih dirawat intensif,” kata Martha.

Martha belum mengetahui kronologis kejadian warganya yang keracunan ikan buntal. Kendati demikian, berdasarkan informasi sementara dari warga bahwa ke 10 warga Hoder itu diduga kuat keracunan setelah makan ikan buntal.

Berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh VN di IGD RS TC Hillers Maumere para korban keracunan ikan buntal. Dan yang meninggal dunia adalah Bernadus Simon (43), Anselmus Labas Lodan (39) Andreas Sirilus (20) dan 1 orang warga lainnya.

Informasi lain yang diperoleh VN dari beberapa sumber menyebutkan peristiwa naas itu berawal dari seseorang warga yang memasak kua asam dari ikan buntal lalu dikonsumsi oleh sejumlah warga lainnya.

Pantauan VN sejumlah kerabat keluarga korban menangis histeris di IGD RS TC Hillers Maumere ketika mengetahui kerabat keluarga mereka meninggal dunia. Korban meninggal langsung dibawa ke ruang jenasah RS TC Hillers Maumere.(Yan/ol)

 

Leave a Comment