Dinas Pendidikan Kota Kupang Perbarui Sistem Zonasi PPDB di Kupang

Putra Bali Mula

 

Dinas Pendidikan Kota Kupang memperbaharui sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang menitikberatkan jarak calon siswa dengan sekolah.

Aturan zonasi telah dikaji dengan ketetapan jarak dekat yang dapat ditempuh calon siswa ke sekolah. Sebelumnya, patokan yang dipakai adalah zona per kelurahan.

Pedoman lokal ini menurut Kadis Pendidikan Kota Kupang, Dumul Djami kepada VN pada Selasa (27/5) sementara dilakukan.

“Perubahan zonasi ke arah yang lebih detail,” ujar Dumul.

Ia menyebut irisan wilayah zonasi antar sekolah juga diurutkan lagi agar dapat seefisien mungkin. Para calon murid diharapkan nantinya dapat mendaftar diri ke sekolah yang lebih dekat dengan domisili atau tempatnya tinggal.

Misalnya SMPN 1 dan SMPN 2 Kupang, juga SDN Naikoten 1 Kupang dan SD Bertingkat Naikoten 1 yang berada di satu lokasi. Nantinya akan diurutkan per RT yang jaraknya lebih dekat dengan masing-masing sekolah, tidak lagi berpatokan dengan batas-batas kelurahan.

“Zona ini prinsipnya dekat ke mana,” kata dia.

Evaluasi ini dilakukan berdasarkan pengalaman dari sistem zonasi tahun sebelumnya dan akan terus menerus diperbaiki sampai lebih baik.

“Sampai kita dapat yang sempurna betul,” ujarnya.

Penentuan zonasi ini hampir final dilakukan dan harus disetujui nantinya oleh Wali Kota Kupang sesuai ketentuan setelah selesai disusun. Dalam bulan ini sistem zonasi harus selesai dilakukan untuk kemudian disosialisasikan ke publik melalui kantor lurah dan kecamatan, tempat-tempat peribadatan, maupun media sosial dan media massa.

Tidak ada hal yang baru dilakukan dalam penerima peserta didik baru (PPDB) tahun ini, selain sistem zonasi yang diperbaharui tersebut. (Yan/ol)

Leave a Comment