Dishub Uji Coba Angkutan Eksekutif Kupang-Motaain

Para staf Dishub NTT melepas armada Damri yang akan melayani rute eksekutif.
Para staf Dishub NTT melepas armada Damri yang akan melayani rute eksekutif.

Maykal Umbu

Dinas Perhubungan Provinsi NTT bekerja sama dengan Perum DAMRI Cabang Kupang melakukan uji coba pelayanan eksekutif angkutan kota dalam provinsi (AKDP) trayek Kupang-Atambua-Motaain.

“Diharapkan dengan uji coba ini masyarakat dapat mengetahui bahwa trayek baru tersebut sudah ada di NTT dan juga dapat memperkenalkan destinasi wisata pada titik checkpoint di jalur trayek tersebut,” ungkap Kabid Angkutan Jalan Dishub NTT Anis Taka Dosi kepada VN, di Terminal Oebobo Kupang, Selasa (22/6) pagi.

Anis mengatakan, hari ini (kemarin) merupakan uji coba angkutan eksekutif AKDP dari Kota Kupang sampai Atambua dan perbatasan Motaain.

“Uji coba pelayanan ini dibuka untuk mendukung program Pemerintah Provinsi NTT dalam rangka memajukan pariwisata serta meningkatkan perekonomian bidang trasnportasi,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, dilakukan karena sampai dengan saat ini angkutan dengan pelayanan eksekutif belum ada.

Untuk itu, pemerintah mendorong badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang angkutan jalan dan perusahaan swasta yang belum merespons dengan baik, agar segera mengoperasikan armadanya.

Ia menambahkan, kegiatan kemarin dilaksanakan untuk memastikan rute pelayanan, selanjutnya memastikan tempat peristirahatan karena armada yang dioperasikan harus berhenti di lokasi yang sudah ditentukan. Selanjutnya memastikan waktu perjalanan dari titik A ke titik B dan seterusnya sampai tujuan akhir.

Kabid Angkutan Jalan Dishub NTT Anis Taka Dosi (bersarung) dan jajaran foto bersama usai melakukan uji coba pelayanan eksekutif AKDP trayek Kupang-Atambua-Motaain di Terminal Oebobo Kupang, kemarin. Foto: Maykal/VN

Kabid Angkutan Jalan Dishub NTT Anis Taka Dosi (bersarung) dan jajaran foto bersama usai melakukan uji coba pelayanan eksekutif AKDP trayek Kupang-Atambua-Motaain di Terminal Oebobo Kupang, kemarin. Foto: Maykal/VN

Sementara rute pelayanan akan di desain bersinggungan dengan akses-akses menuju destinasi wisata. Dimulai dari Kupang-Kefa-Atambua-Motaain. Nantinya, rute ini bisa bersinggungan dengan destinasi wisata seperti Pantai Oetune dan Pantai Kolbano di Kabupaten TTS. Kemudian bisa bersentuhan juga dengan destinasi wisata Fatumnasi dan seterusnya sampai wilayah Belu hingga perbatasan Motaain.

“Kami mohon dukungan kepala UPTD wilayah satu agar sekiranya memberikan panduan hal teknis operasional armada Damri supaya dapat beroperasi sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan,” tutupnya.

Kepala UPTD I Wilayah Kupang Johni Lapabesi berterima kasih kepada Dinas Perhubungan Provinsi NTT atas uji coba pelayanan eksekutif AKDP Kupang-Atambua-Motaain.

Ia berharap, rute pelayanan ini dapat berjalan dan berkembang dengan baik sesuai dengan harapan karena salah satunya adalah untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di wilayah timor NTT.

“Atas nama pemerintah kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan kami harapkan uji coba berjalan dengan lancar sesuai rencana dan harapan bersama,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika ada pihak swasta yang ingin mendapatkan izin trayek tersebut dipersilahkan untuk mengurusnya.

“Kami akan membantu jika ada pihak swasta yang ikut meramaikan rute pelayanan eksekutif ini baik di timor maupun wilayah lain di NTT, demi mendukung program gubernur, yakni pariwisata sebagai prime mover pembangunan NTT,” jelasnya.

Untuk diketahui, titik awal trayek eksekutif ini di Terminal Bus Oebobo, dilanjutkan dengan check poin pada Kantor DAMRI cabang Kupang, lalu Terminal Noelbaki-Kabupaten Kupang, Terminal Haumeni-TTS, Terminal Kefamenanu-TTU, Terminal Atambua-Belu dan berakhir di Perbatasan Motaain. (mg-21/ari)

Leave a Comment