Distan Bingung Tangani Hama Tikus di SBD

Kadis Pertanian SBD, Rofinus D. Kaleka

Frengky Keban

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi NTT, Rofinus D. Kaleka mengakui bahwa saat ini para petani di wilayah tersebut khususnya di wilayah Pantura SBD tengah menghadapi serangan hama Tikus. Serangan hama tikus ini sendiri sebutnya sudah terjadi selama kurang lebih 2 minggu.

“Iya ada serangan tikus dan itu terjadi di Pantura SBD khususnya di wilayah utara Kodi. Sudah 2 minggu dan sangat banyak. Saya dan kawan-kawan petani di sana pernah membasmi tikus tersebut dengan jumlah yang lumayan banyak 400-500 ekor selama satu malam,”katanya kepada VN, Selasa (8/6) siang.

Rofinus mengatakan dengan kondisi yang demikian pihaknya sejauh ini belum bisa mengambil langkah untuk penanganannya. Selain karena ketiadaan obat, luasan lahan yang diserang hama tikus pun belum diterima pihak dinas hingga kini.

“Selain itu, tikus-tikus ini juga kan menjadi makanan masyarakat. Nah kalau kita basmi dengan obat maka itu rawan juga buat masyarakat nantinya. Sehingga saya sampai sekarang sangat dilematis untuk mengambil langkah apa yang pas soal ini. Baru serangan hama tikus ini juga bukan tiap tahun tapi 10 tahun sekali yang buat kita tidak bisa mengantisipasi obatnya,”katanya.

Walaupun begitu dirinya tetap berjanji akan berupaya mengatasi persoalan semacam itu dengan segala upaya yang ada walaupun harus dengan cara manual. Apalagi sekarang serangan hama tikus sudah masuk ke kawasan hunian masyarakat.(Yan/ol)

Leave a Comment