DPK NTT Gelar Pemilihan Pustakawan Prestasi Tahun 2021

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT Stef Ratoe Odjoe saat menyerahkan piala dan hadiah hiburan kepada pemenang pemilihan pustakawan berprestasi tingkat Provinsi NTT tahun 2021 Dedy Sipyadi di Aula Kominfo Provinsi NTT, Selasa (22/6)

Maykal Umbu

 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat NTT Tahun 2021. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 21-22 Juni 2021 di Aula Gedung Kominfo Provinsi NTT.

Sebanyak 9 peserta dari berbagai instansi mengikuti seleksi yang terdiri dari tes tertulis dan penulisan makalah di hari pertama dan presentasi dihari kedua.

Dalam pemilihan tersebut Dedy Sipyadi yang berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT keluar sebagai juara I dengan skor nilai 3.612, diikuti juara kedua Kodonsi Biaf dari Dinas BPSDMD NTT dengan skor 2.756, juara ketiga Marini dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT skor 2.742, juara harapan I Simeon Bureni Kominfo NTT dengan skor 2.720, harapan II Daniel Sula dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT skor nilai 2.515 dan juara harapan III Yusak Maifa dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT dengan skor 2.446.

Juara I ajang pemilihan Pustakawan Berprestasi, Dedy Sipyadi kepada VN, menyampaikan bahwa pertama-tama harus panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas perkenannya boleh mendapatkan juara satu dalam lomba ini.

“Saya sangat bersyukur dapat dinobatkan sebagai pustakawan berprestasi terbaik tahun 2021 untuk mewakili NTT dalam pemilihan tingkat nasional rencananya bulan September di Jakarta,” Ungkapnya.

Ajang nasional tersebut, lanjut dia, persiapannya akan sangat maksimal kemudian disesuaikan dengan tema tingkat nasional seperti apa karena kita harus matching sesuai dengan apa yang menjadi tema nasional.

“kita juga belum tahu tapi secara analogi l dengan tingkat provinsi ada tes kognitif juga ada wawancara dan ada persentasi. saya akan coba mempersiapakan secara maksimal dan juga berkoordinasi atau tanya kepada teman-teman yang sudah pernah berangkat ke sana seperti apa modelnya di sana materinya Bagaimana dan sebagainya,” Jelasnya.

Selain itu, kata dia, persiapan mental fisik juga menjadi prioritas utama, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini. “Mental dan fisik akan dijaga selalu namun dalam situasi pandemi seperti ini kita juga belum tahu apakah setara daring atau secara luring nantinya kita tunggu informasi dari Perpusnas,” Ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pada tingkat nasional nanti, dirinya akan menargetkan masuk kedala 10 besar. “Saya optimis untuk masuk dalam 10 besar,” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT Stef Ratoe Odjoe usai menutup kegiatan pemilihan mengatakan Pemilihan ini merupakan kegiatan tahunan yang menggunakan dana Dekon, dimana para pustakawan ini secara kualitatif dan kuantitatif ditingkatkan.

“Khususnya pada kuantitatif,” Kata dia.

Menurutnya, pustakawan dapat dikaitkan dengan kebutuhan saat ini sehingga orang yang baca dapat memahami teknik dan caranya dengan kemajuan sekarang dimasa 402 atau era tehnologi ini.

“Pustakawan mau tidak mau harus dituntut seperti itu, karena sekarang banyak pustakawan yang sudah berbasis teknologi jadi selain buku biasa tetapi buku tehnologi, untuk itu harus diantisipasi,” Jelasnya.

Melalui kegiatan inilah mereka didik, ibaratnya gurunya bagus maka muridnya juga harus bagus. Dan, ini sudah jelas pada program pemerintah RI RPJMD tentang peningkatan SDM.

“Padahal pada setiap Desa ada biaya untuk pengembangan pustakawan tetapi tidak ada orangnya sama saja, untuk itu inilah peran dari pemilihan pustakawan,” Ungkapnya.

Diharapkan, dengan kegiatan seperti ini dapat bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas perpustakaan yang pada akhirnya dampaknya pada pustakawan.

“Jika pustakawan bertambah banyak maka minat baca pun bertumbuh dan berakhir pada literasi. Kalau seperti itu maka program pemerintah provinsi dapat membangkitkan NTT sejahtera,” Tandasnya. (Yan/ol)

Leave a Comment