Ekonomi NTT Tumbuh 0,12 Persen, Masuk 10 Besar Nasional

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat disambut dengan selendang Ende saat tiba di Desa Detusoko Barat, Ende, Selasa (25/5) lalu. Tampak mendampingi Bupati Ende, H. Djafar Achmad.
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat disambut dengan selendang Ende saat tiba di Desa Detusoko Barat, Ende, Selasa (25/5) lalu. Tampak mendampingi Bupati Ende, H. Djafar Achmad.

 

 

 

Pertumbuhan perekonomian Provinsi NTT secara nasional terus mengalami peningkatan signifikan pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), NTT masuk dalam 10 besar pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tren positif pada kuartal I 2021 bersama 9 provinsi lainnya.

“Pertumbuhan ekonomi NTT menujukkan grafik peningkatan yang sangat positif. Hasil ini sebagai bukti kontribusi dari kerja keras semua elemen di Provinsi NTT,” ungkap Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya saat mengunjunggi Desa Detusoko Barat, Kabupaten Ende, Selasa (25/5).

Gubernur VBL menyampaikan, pandemi Covid-19 harus dilihat sebagai berkat bagi NTT karena saat aktivitas semua daerah lumpuh total, masyarakat NTT terus giat bekerja untuk meningkatkan ekonomi.

“Untuk memastikan kondisi pertumbuhan ekonomi NTT tetap positif, maka pemimpin harus berada di lapangan untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan pembangunan dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan pendekatan kerja cerdas, cepat dan tepat,” tegasnya.

Gubernur VBL mengungkapkan dalam situasi sulit ini pemerintah tetap konsisten dalam penganggaran yang diarahkan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan terdapat 10 provinsi yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif pada kuartal I 2021. Salah satunya, yaitu NTT sebesar 0,12 persen.

Melansir data BPS, Jumat (21/5), 10 provinsi tersebut adalah Riau, Bangka Belitung, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, termasuk Papua 14,28 persen.

Sementara, 24 provinsi lainnya masih mencatatkan pertumbuhan minus pada kuartal I 2021. Rinciannya, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Jambi. Lalu Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kemudian, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Maluku. Sementara, ekonomi nasional tercatat minus 0,74 persen pada kuartal I 2021. (mg-15/cnn/ari)

10 Provinsi Yang Ekonominya Tumbuh Positif:
1. Riau : 0,97 persen
2. Bangka Belitung : 0,97 persen
3. Yogyakarta : 6,14 persen
4. NTT : 0,12 persen
5. Sulawesi Utara : 1,87 persen
6. Sulawesi Tengah : 6,26 persen
7. Sulawesi Tenggara : 0,06 persen
8. Maluku Utara : 13,45 persen
9. Papua Barat : 1,47 persen
10.Papua : 14,28 persen
============
SUMBER: BPS

Leave a Comment