Gedung Laboratorium SMA Muhammadiyah Kupang Hangus Dilalap Api

Yapi Manuleus

 

Gedung Laboratorium Biologi milik SMA Muhammadiyah Kupang hangus terbakar pada Rabu (23/6) siang.

Pantauan VN di lokasi itu pada Rabu (23/6) pukul 15.55 Wita, tampak petugas pemadam Kebakaran Kota Kupang bahu membahu memadamkan api tersebut dengan dua mobil pemadam kebakaran. Pukul 16.00 Wita, api berhasil dipadamkan.

Tampak plafon serta kursi maupun meja di dalam ruangan itu hangus dilalal api. Bahkan, seng maupun jendela yang terbuat dari kacah pun pecah. Peristiwa itu menyita perhatian warga sekitar termasuk sekelompok anak kecil.

Kepala Tata Usaha SMA Muhamadiyah Kupang, Saleh Karim kepada media ini mengatakan, api awalnya berasal dari tumpukan sampah yang dibakar oleh para petugas Sekolah pada Pukul 12.00 Wita yang tidak begitu jauh dari ruangan yang terbakar tersebut.

“Awalnya petugas bakar sampah di samping kelas ini, jadi sebelum pulang kami sudah siram kasi padam. Hanya di dekat itu ada pohon yang kering jadi dia merambat ke situ makanya jadi terbakar gedungnya,” katanya.

Dia mengaku bahwa gedung yang terbakar itu merupakan gedung Laboratorium IPA yakni Biologi, Kimia dan Fisika dan masih lengkap dengan berbagai macam alat praktiknya.

“Ada alat-alat praktik di dalam yang terdiri dari cairan, Alkohol dan sebagainya,” ujarnya.

Kerugian pun katanya ditaksir hingga mencapai kurang lebih Rp80 juta. (Yan/ol)

Leave a Comment