Genjot Promosi Pariwisata di TTU, Disbudpar Gelar Rally Wisata Perbatasan

Bupati TTU ( baju putih) mengendarai sepeda motor bersama Kadisbudpar dalam acara pelepasan Rally Wisata Perbatasan.

Gusty Amsikan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), menggelar Rally Wisata Perbatasan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU, Robertus Nahas, Minggu (24/10), di Kefamenanu.

Robertus mengatakan, kegiatan Rally Wisata Perbatasan yang digelar pihaknya merupakan upaya Pemerintah melalui Disbudpar mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten TTU. Para peserta Rally Wisata Perbatasan kali ini diikuti 90-an peserta dari ragam komunitas motor.

Menurut Robertus, rute yang dilalui peserta di mulai dari alun-alun Kantor Bupati TTU, menyinggahi tempat-tempat wisata di TTU dan bermalam di Bukit Tuamese. Para peserta kemudian akan kembali ke Kota Kefamenanu dan finish di Kantor Disbudpar TTU.

“Kegiatan Rally Wisata Perbatasan kita selenggarakan dan melepas peserta pada Sabtu kemarin dan akan finis hari ini, Minggu 24 Oktober. Ada sekitar 90-an peserta yang ikut dan tadi malam mereka nginap di destinasi wisata Bukit Tuamese,” jelas Robertus.

Ia menambahkan, masuknya Bukit Tuamese dalam API 2021 diharapkan menjadi cambuk semangat bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten TTU untuk terus menggenjot pembangunan di desatinasi-destinasi wisata di wilayah tersebut, khusus Bukit Tuamese.

Masyarakat bersama Pemerintah Desa Tuamese diminta turus berbenah dan harus siap menghadapi perubahan ini guna menangkap peluang dan kesempatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Desa Tuamese.

Pasalnya, keberadaan Bukit Tuamese sebagai destinasi wisata baru menjadi titik awal yang nantinya akan menjadi sebuah sumber pendapatan asli desa berupa penerimaan dari bidang pariwisata. Desa Tuamese menjadi destinasi baru karena tempatnya cukup indah dan terdapat kolam-kolam di sekitar perbukitan yang menarik minat banyak orang untuk mengunjunginya.

“Bukit Tuamese sangat indah dengan kolam-kolam di sekitar perbukitan yang menarik minat banyak orang untuk mengunjunginya. Ada juga hutan mangrove, Kalau dikelola secara baik maka akan lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut. Pantai di sepanjang Desa Tuamese itu cukup indah dan bersih, garis pantainya juga panjang. Masyarakat sekitar akan menambah ekonomi dengan soviner lokal jika dikemas dengan baik,” pungkasnya.

Bupati Timor Tengah Utara, Juandi David pada Sabtu (23/10), saat pelepasan peserta rally motor wisata perbatasan di halaman Kantor Bupati TTU, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bukti keseriusan pemerintah Kabupaten TTU dalam mendorong promosi potensi wisata yang ada baik wisata alam, wisata rohani maupun wisata budaya.

Pemerintah daerah terus berupaya mendorong semua elemen masyarakat untuk mempromosikan potensi wisata daerah ini melalui berbagai aktifitas maupun even baik yang berskala lokal, regional, nasional bahkan pada even internasional.(Yan/ol)

Leave a Comment