Go Digital jadi Trobosan Baru Memasarkan Pariwisata di Daerah

Pemilik Travel Agent Dirga Tour Indonesia, Galih Anggoro Purwo dalam kuliah umum Digital Tourism yang digelar Jurusan Ilmu Komunikasi Undana Kupang, Senin (11/10) siang.

Sinta Tapobali

Kemajuan teknologi berdampak besar bagi banyak industri termasuk industri pariwisata. Bahkan sebelum munculnya pandemi Covid-19, transformasi digital di dunia pariwisata telah bertumbuh. Banyak pihak yang sadar bahwa untuk maju, digitalisasi industri pariwisata sangat diperlukan.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mengubah secara keseluruhan industri pariwisata melalui media digital. Dalam beberapa tahun terakhir, media digital telah berkontribusi dalam mempromosikan tujuan atau objek wisata.

Media mempunyai peranan krusial dalam pertumbuhan dan kemajuan pariwisata, salah satunya dengan menyampaikan informasi secara mendalam tentang objek-objek wisata yang dibutuhkan oleh turis domestik maupun mancanegara.

Dengan adanya pandemi covid-19 juga kembali mengingatkan bahwa digitalisasi bisa sangat berperan untuk membangkitkan sektor pariwisata.

“Penyebaran informasi pariwisata harus dilakukan dengan memanfaatkan media digital dengan menampilkan konten-konten virtual yang menarik untuk mempromosikan pariwisata,” jelas Pemilik Travel Agent Dirga Tour Indonesia, Galih Anggoro Purwo dalam kuliah umum Digital Tourism yang digelar Jurusan Komunikasi Undana Kupang, Senin (11/10) siang secara virtual.

Menurutnya, untuk mempromosikan industri pariwisata dapat dilakukan dengan memperhatikan segmen media promosi seperti Instagram dan Facebook. Kedua platform tersebut menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat milenial saat ini.

Pergerakan kunjungan wisatawan di Indonesia juga terbantu karena generasi milenial yang sangat luas berselancar dan berbagi di dunia maya. Di sisi lain generasi milenial itu juga terbiasa terkoneksi secara digital. Dengan begitu, go digital dapat menjadi terobosan baru dalam memasarkan destinasi wisata di daerah, utamanya untuk menyasar pasar generasi milenial.

Agen Perjalanan Beri Konten Menarik

Dalam penyebaran informasi pariwisata, biro atau agen perjalanan wisata juga sangat berperan penting untuk memperkenalkan destinasi dan daya tarik wisata dengan menyediakan pelayanan seperti transportasi dan akomodasi bagi calon wisatawan.

Adanya promosi yang dilakukan biro atau agen perjalanan wisata, membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi Negara. Biro perjalanan perlu memberikan konten-konten menarik sehingga dapat meningkatkan permintaan dari calon wisatawan untuk melakukan perjalanan. (Yan/ol)

Leave a Comment