Gua Istana Ular Suguhkan Keindahan Alam dan Beragam Spesies Ular

Inilah salah satu spesies ular di lokasi wisata Gua Istana Ular yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Provonsi NTT. Foto:satia vn.

Gerasimos Satria

 

OBYEK wisata Istana Ular terbilang istimewa dan selalu mencuri perhatian banyak orang terutama wisatawan. Keindahan alam beserta ratusan spesies ular menimbulkan decak kagum bagi siapapun yang pernah mengunjungi destinasi wisata istana ular.

Istana Ular terletak di Desa Galang,Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. Istana ular merupakan sebuah gua batu yang dipenuhi ratusan spesies ular.

Dari atas bukit sebelum mencapai gua istana ular, para pelancong akan dimanjakan dengan panorama alam sungai Wae Raho dan bentangan persawahan Lembor yang indah. Aneka jenis tumbuhan yang rimbun dari atas bukit istana ular hingga sepanjang jalan menuju destinasi wisata Gua Istana Ular semakin memikat hati para pelancong.

Istana ular kini menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Manggarai Barat yang tak kalah menariknya selain Komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, Pantai Pede dan Batu Cermin di Labuan Bajo dan aneka destinasi wisata alam lainnya di Kabupaten Paling Barat Pulau Flores, NTT tersebut.

“Istana Ular adalah destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Gua istana ular adalah gua batu alami yang merupakan habitat dari beragam spesies ular. Dari atas Bukit Istana Ular berupa area bukit dengan lanscape view yang sangat luas,” jelas Ari Samsung,Kepala Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, kepada awak VN saat mengunjungi destinasi wisata Gua Istana Ular, Minggu 25 April 2021 siang.

Gua Istana Ular memang menjadi rumah bagi ratusan ular dan ragam reptil lainnya.Wisatawan yang ingin mengunjungi gua Istana ular harus menggunakan jasa dari pemandu atau pawang ular yang berasal dari masyarakat Desa Galang. Mereka akan memandu wisatawan dan melakukan ritual sebelum masuk di dalam Gua Istana Ular.Wisatawan yang berminat ke gua istana ular, pastikan semua persiapan, termasuk fisik, mental dan peralatan lainnya.

Dijelaskan Ari bahwa di dalam Gua Istana Ular, selain menikmati ratusan spesies ular, wisatawan atau pelancong juga akan melihat ratusan burung kelalelawar yang berterbangan di dalam gua. Semua keindahan alam yang disuguhkan di Gua Istana Ular membuat pengunjung ingin kembali ke tempat wisata tersebut.

Destinasi wisata gua istana ular mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak awal 2021.Wisatawan nusantara paling banyak mengunjungi Istana Ular. Sebelumnya, akses ke Gua Istana Ular dari atas bukit istana ular cukup sulit. Namun kini, dengan memarkirkan kendaraan di atas bukit, wisatawan bisa menikmati jalan tangga yang dibangun tahun 2020 lalu sepanjang 200 meter.

Foto:satria vn

Foto:satria vn

Pangan Lokal

 

Berkunjung ke Destinasi wisata Istana Ular terasa belum lengkap jika tidak mencicipi aneka pangan lokal dan berbelanja kain tenun motif daerah Manggarai hasil karya dari masyarakat Desa Galang yang tergabung dalam kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ditambah lagi dengan cuaca yang amat bersahabat dengan hembusan angin tanpa polusi semakin menggairahkan suasana wisata anda.

Tak jauh dari Gua Istana Ular juga telah disediakan fasilitas mandi cuci kakus (MCK). Ada juga tempat bersantai atau beristirahat bagi pelancong.

“Sudah disiapkan bangunan Mandi Cuci Kakus (MCK).Tempat istirahat bagi wisatawan yang lelah juga telah disiapkan,” ujar Kades Galang, Ari Samsung.

Bagi anda yang suka dengan wisata alam, gua istana ular di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebab, di sana akan disuguhi ratusan spesies ular dan panorama alam nan indah dengan fasilitas pendukung yang cukup memadai. (Yan/ol)

 

 

Leave a Comment