Harap-harap Cemas Menanti Grup Neraka

Inilah squad inti Portugal penghuni "Grup Neraka" yang bakal bertarung pada matchday III Grup F, Kamis (24/6) dini hari besok. Foto: EUFA 
Inilah squad inti Portugal penghuni "Grup Neraka" yang bakal bertarung pada matchday III Grup F, Kamis (24/6) dini hari besok. Foto: EUFA 

Empat laga Matchday III Grup E dan F Piala Eropa (EURO) 2020 pada Kamis (24/6) dini hari besok, menjadi pertandingan yang paling ditunggu-tunggu miliaran penikmat bola sejagat.

Tak terkecuali bagi Timnas Belgia (juara Grup B) dan Belanda (juara Grup C) yang sudah mengantongi tiket 16 Besar. Serta dua tim calon juara Grup D yaitu Inggris dan Republik Ceko.

Empat tim favorit ini, harap harap cemas menanti battle Grup Neraka (Grup F) yang mementaskan laga Les Bleus Prancis ditantang juara bertahan Portugal dan Der Panzer Jerman kontra Hungaria.

Sejauh ini, Les Bleus Prancis berada di puncak klasemen dengan nilai 4, disusul Jerman (3), Portugal (3), dan Hungaria (1). Sedangkan di Grup E, Swedia memimpin dengan poin 4, diikuti Slowakia (3), Spanyol (2), dan Polandia (1).

Bagi Belanda, Inggris atau Rep Ceko, hasil dua pertandingan itu akan sangat menentukan calon lawan mereka di babak 16 Besar. Belanda tentu berharap bukan Jerman, Prancis, atau Portugal yang bakal menjadi penghuni posisi 3 Grup F.

Inggris atau Rep Ceko, tambah pusing karena mau tidak mau – suka atau tidak suka, andai menjadi juara Grup D, maka wajib hukumnya berhadapan dengan runner up Grup F. Bisa Prancis, Jerman, atau bisa juga Portugal.

Celakanya, jika (Inggris-Ceko) menjadi runner up Grup D, maka bukan tidak mungkin harus jumpa Spanyol (runner up Grup E). Kondisi ini juga berlaku bagi Belgia yang tentu lebih memilih berjumpa dengan tim Slowakia/Polandia sebagai tim peringkat 3 Grup E, ketimbang Spanyol.

Inilah squad inti Prancis penghuni "Grup Neraka" yang bakal bertarung pada matchday III Grup F, Kamis (24/6) dini hari besok. Foto: EUFA 

Inilah squad inti Prancis penghuni “Grup Neraka” yang bakal bertarung pada matchday III Grup F, Kamis (24/6) dini hari besok. Foto: EUFA

 

Faktor Jerman
Para analis bola Eropa sejak Senin (21/6) lalu, sudah mengulas tiga skenario untuk Grup F. Skenario pertama, menempatkan Der Panzer Jerman pada posisi di atas angin. Melawan Hungaria besok, anak asuh Joachim Low diperkirakan menang untuk memastikan 3 poin tambahan.

Kondisi ini bakal makin menguntungkan andaikata di laga Portugal vs Prancis berkesudahan imbang. Jerman otomatis akan keluar sebagai juara Grup F dengan nilai 6, disusul Prancis runner up (5), dan Portugal peringkat 3 dengan nilai 4.

Sebagai juara, Die Mannschaft –julukan lain Jerman– hampir pasti akan menghadapi Swiss sebagai posisi 3 terbaik Grup A/B/C. Prancis (runner up) akan menghadapi juara Grup D (Rep Ceko atau Inggris), sedangkan Portugal (posisi 3 terbaik), menghadapi tim favorit Belanda.

Skenario kedua, bila Jerman hanya bermain imbang kontra Hungaria (Prancis-Portugal juga imbang), maka Jerman akan menjadi runner up, dan Portugal tetap pada posisi 3. Sedangkan skenario ketiga, adalah bila Jerman menang dan Prancis menang. Maka, Jerman akan menghadapi Rep Ceko/Inggris sebagai runner up dan Prancis menghadapi Swiss, sedangkan Portugal tersingkir.

Sebaliknya, jika Portugal mengalahkan Prancis (Jerman juga menang), maka Jerman lah juara Grup F menghadapi Swiss dan Portugal menghadapi Inggris/Rep Ceko. Sedangkan Prancis akan menantang Belanda.

Atau kemenangan Portugal di atas dua gol, maka Portugal yang akan menghadapi Swiss, Jerman kontra Inggris/Ceko, sedangkan Prancis tetap akan menghadapi Belanda.

Sementara untuk battle di Grup E, hanya ada satu skenario yaitu Spanyol menang lawan Slowakia dan Swedia menang atas Polandia. La Furia Roja akan menjadi runnep up dan Swedia menjadi juara Grup.
Andai Spanyol kalah, maka dipastikan juara Piala Eropa 1964, 2018 dan 2012 itu tersingkir.

Menjadi kejutan bila Swedia dikalahkan Polandia dan Spanyol ditahan imbang Slowakia. Maka Polandia, Swedia, dan Slowakia, sama-sama mengantongi nilai 4, sedangkan Spanyol hanya kebagian 3 poin. Menarik ditunggu empat laga paling menentukan ini, besok. (paa/pol/ari)

Leave a Comment