Heboh! Bupati Malaka Bekukan Ribuan Tenaga Kontrak Daerah

Bupati Malaka Dr.Simon Nahak memberikan sambutan pada upacara penutupan bulan Santa Maria, di Gua Maria Lourdes Tubaki-Betun, Senin (31/5). Foto:Wilfrid vn

Wilfrid Wedi

 

Bupati Malaka, Simon Nahak membekukan sekitar 3000 tenaga kontrak daerah yang bekerja di seluruh instansi pada lingkup Pemkab Malaka, Provinsi NTT.

“Mungkin ini adalah keputusan yang sangat kontroversial yang saya lakukan tapi hari ini Senin 31 Mei saya sudah tegaskan kepada Bagian Hukum, Sekda dan jajaran kita bahwa untuk sementara tenaga kontrak daerah saya hentikan dulu.Kita buang anggaran terlalu besar satu tahun dengan Rp57 miliar itu tidak main-main,” tersebut tegasnya saat memberikan sambutan pada upacara penutupan Bulan Santa Maria di Gua Louders Tubaki,Senin (31/5).

Dikatakannya, ada beberapa oknum tenaga kontrak daerah selama ini tidak bekerja secara produktif karena ditempatkan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

“Ada tenaga kontrak tidak ke kantor tetapi kasih makan babi, jaga tempat foto kopi,jaga apotik.Inikan sangat miris dan konyol sekali lebih baik saya berhentikan dulu.Nanti, saya lihat lagi satu dua bulan ke depan.Kalau instansi terkait membutuhkan tenaga seperti apa kita kasih. Jadi penempatan tenaga kontrak daerah tergantung kebutuhan pada instansi itu.Tapi kalau tidak, anggaran yang begitu besar lebih baik saya pangkas,untuk siapa?untuk kembali kepada masyarakat.Mungkin ini kurang berkenan tapi saya harus lakukan sesuatu yang kurang berkenan ,”pungkasnya.

Menurutnya, anggaran puluhan miliar untuk tenaga kontrak tersebut sebaiknya dialihkan untuk kebutuhan riil lainnya yang jauh lebih penting. Beberapa kebutuhan penting yang masih belum terpenuhi di Malaka, yakni air minum bersih, lampu jalan dan lampu lalu lintas, trotoar dan taman kota. Ia meminta dukungan dan doa dari semua umat sedekenat Malaka atas kebijakan tersebut.

“Dari pada program saya tidak jalan,lebih baik hal-hal yang tidak penting saya pangkas.Saya yang punya masyarakat Malaka,saya harus membangun Malaka,saya punya ASN dan saya punya uang di Malaka dan itu untuk masyarakat Malaka bukan untuk diri Simon Nahak dan keluarga, oh itu tidak,” tandasnya. (Yan/ol)

Leave a Comment