HIPBC Dorong Masyarakat Labuan Bajo Disiplin Pakai Masker

Anggota Himpunan Pemuda Batu Cermin (HIPBC) sedang membagi masker kepada penguna jalan di depan Pasar Rakyat Batu Cermin, Sabtu 10 Juli sudah 2021 Siang. Foto: Gerasimos Satria/vn.

Gerasimos Satria

Komunitas anak muda di Labuan Bajo,Ibukota Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT, yang tergabung dalam organisasi Himpunan Pemuda Batu Cermin (HIPBC) mendorong masyarakat di wilayah itu untuk patuh dan taat memakai masker ketika berada di pusat keramain.

Hal itu bertujuan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di daerah yang menjadi Destinasi Super Premium tersebut.

Untuk peningkatan kepatuhan masyarakat di Labuan Bajo dalam menggunakan masker,HIPBC membagi ribuan masker kepada masyarakat umum,seperti penguna jalan dan pengunjung Pasar Rakyat Batu Cermin di Desa Batu Cermin,Kecamatan Komodo,Sabtu (10/7) siang.

Selain membagi masker kepada pengguna jalan dan Pasar Rakyat Batu Cermin,anggota HIPBC juga membagi masker kepada masyarakat di Sekitar Gereja Paroki Maria Segala Bangsa Wae Kesambi.

Ketua HIPBC,Marianus Yono Jehanu mengatakan, pembagian masker kepada masyarakat yang mengunjungi Pasar dan tempat ibadah bertujuan mendorong kepatuhan masyarakat dalam memakai masker.Dengan menggunakan masker adalah cara yang sederhana dan paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19 di Desa Batu Cermin dan wilayah Labuan Bajo.

Dia mengaku jumlah pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat dalam berapa minggu terakhir semakin meningkat.Dirinya mendorong masyarakat di Labuan Bajo agar mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M, dengan selalu memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,menjaga jarak,menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Yono Jehanu berpesan agar masyarakat membiasakan disiplin menggunakan masker, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat luas. Pada akhirnya akan terbangun budaya penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19.

Meningkatnya kepatuhan masyarakat Labuan Bajo menggunakan masker sejalan dengan upaya untuk membangun rasa aman bagi masyarakat.

“Kita berharap masyarakat untuk selalu memakai masker ketika sedang berada di luar rumah.Mudah-mudahan Desa Batu Cermin bebas dari pasien Positif Covid-19,”harap Yono Jehanu. (Yan/ol)

 

Leave a Comment