Ibu Rumah Tangga Di Labuan Bajo Produksi Pembalut Wanita Ramah Lingkungan

Anggota komunitas Perfect Fit saat memproduksi pembalut kain perfect fit di rumah produksi Labuan Bajo. Foto: Gerasimos/VN
Anggota komunitas Perfect Fit saat memproduksi pembalut kain perfect fit di rumah produksi Labuan Bajo. Foto: Gerasimos/VN

Gerasimos Satria

Sepuluh ibu rumah tangga di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat yang tergabung dalam Komunitas Perfect Fit memproduksi pembalut wanita ramah lingkungan. Pembalut wanita itu terbuat dari empat jenis kain yang aman dan nyaman bagi tubuh perempuan.

Pendamping Perferct Fit Margaretha Subekti, Rabu (14/7) mengatakan anggota komunitas memiliki semangat yang sama untuk menyelamatkan alam dan lingkungan dengan memproduksi pembalut wanita berbahan kain sejak Februari 2020.

Menurutnya, pembalut kain bisa dicuci dan digunakan berkali-kali. Pembalut kain juga tidak memiliki dampak buruk pada alat reproduksi gadis dan wanita dewasa karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pemutih.

Semnetara sisa kain pembuatan pembalut wanita juga digunakan untuk membuat gantungan kunci, tas ,boneka juga aksesoris anting dan kalung. Para penjahit pembalut wanita yang ada di lembaga Perfect Fit merupakan penjahit profesional yang telah mendapat pelatihan dari berbagai lembaga.

Margaretha mengatakan produksi pembalut wanita kain ini bertujuan mendorong masyarakat untuk mulai mencintai dan menjaga alam dengan tidak mengunakan fasilitas berbahan plastik. Produksi pembalut wanita yang berbahan kain juga bukan semata-mata untuk mencari keuntungan melainkan untuk melestarikan alam agar bebas dari sampah plastik yang merusak lingkungan.

“Kain pembalut yang kita produksi sangat ramah lingkungan. Menyelamatkan perempuan dan generasi sehingga sayangi ibu dan bumi. Kami bukan sekedar jualan tetapi menyanyangi alam dan lingkungan,”tuturnya.

Koordinator Perfect fit Labuan Bajo Donatus Dula menambahkan para ibu sudah mendapatkan pelatihan menjahit pembalut dari
Yayasan Kopernik, Perfect Fit dan Simavi.

“Pembalut kain Perfect Fit ini oleh ibu-ibu dikenal dengan ramah tubuh, ramah lingkungan dan ramah dompet. Pembalut ini tanpa bahan kimia karena¬† bahan dasarnya kain. Ramah lingkungan karena tanpa kandungan plastik dan ramah dompet karena sekali dibeli dapat digunakan 2 sampai 3 tahun,” tambahnya. (bev/ol)

Leave a Comment