Internet Gratis Dimanfaatkan Warga Kota Kupang untuk Berbagai Kebutuhan

Warga Kota Kupang memanfaatkan hotspot di Taman Nostalgia Kota Kupang, Senin 25 Oktober 2021 malam. Foto: Sinta Tapobali vn.

Sinta Tapobali

 

Pemerintah Kota Kupang, melalui Dinas Informasi dan Telekomunikasi (Infokom) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memasang hotspot atau jaringan internet gratis di beberapa lokasi di Kota Kupang. Jaringan internet gratis ini dapat diakses seluruh warga Kota Kupang.

Pemasangan akses internet di ruang publik bertujuan agar warga dapat menikmati fasilitas umum berbasis teknologi sekaligus dapat menggunakan teknologi demi kebutuhan positif sehingga dapat menuju Kupang Smart City.

Akses internet gratis ini telah terpasang di beberapa lokasi publik di antaranya, Taman Nostalgia, Taman Tirosa, Pantai Warna Oesapa, Taman Fountein, Pusat Kuliner Kampung Solor dan beberapa titik lokasi lainnya.

Internet gratis dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan pekerjaan, tugas sekolah, hingga untuk menonton drama korea dan akses youtube. Hal ini tampak dalam pantauan VN di Taman Nostalgia Kupang, Senin (25/10) malam.

Sejumlah masyarakat yang didominasi kaum muda memanfaatkan akses internet ini untuk menonton drama korea dan juga mengakses berbagai tayangan video di youtube.

Sebagian di antara mereka menggunakan HP dan yang lainnya menggunakan laptop. Ada pula sebagian anak-anak usia remaja yang menggunakan layanan internet ini untuk bermain game.

“Gratis jadi pakai main game, mabar dengan teman-teman,” ujar Yano salah satu remaja yang ditemui VN saat asik memainkan game PUBG.

Namun meski demikian, ada juga dua orang pekerja yang nampak menggunakan akses internet ini untuk keperluan pekerjaan, maupun untuk mengikuti zoom metting.

Mereka mengapresiasi gebrakan Pemerintah Kota untukn membawa Kota Kupang menjadi smart city.

“Saya apresiasi kinerja Pak Walikota saat ini. Dampaknya sangat banyak dirasakan salah satunya internet gratis ini. Kami sangat terbantu sekali dengan akses layanan gratis yang disediakan Pemerintah Kota. Saat kami bersantai bersama keluarga pun kami masih bisa bekerja seperti yang tadi saya lakukan ikut zoom bersama rekan-rekan dosen. Bagi saya ini sesuatu yang sangat smart karena dikerjakan sesuai kebutuhan masyarakat apalagi di jaman semua serba online ini,” ungkap Cristian dosen salah satu Universitas Negeri di Kota Kupang ini. (Yan/ol)

Leave a Comment