INTI NTT Gelar Konser Amal Untuk RS Apung dr. Lie

Putra Bali Mula

Pengurus Daerah (PD) Indonesia Tinghoa (INTI) Provinsi NTT akan menggelar konser amal secara virtual pada 1 Agustus guna menggalang donasi atas tenggelamnya Rumah Sakit Apung (RSA) milik dr. Lie Dharmawan.

“Kita sebut sebagai exclusive streaming show kira-kira dua jam acara atau 120 menit untuk mengenang Kapal Bahenol yang dijadikan rumah sakit apung oleh dr. Lie Dharmawan. Tujuan acara ini sekaligus sebagai donasi untuk itu,” kata David Kenenbudi sebagai Koordinator Panitia kepada media, Senin (12/7).

RSA swasta pertama di Indonesia milik dr. Lie ini menjalankan program doctorSHARE ke berbagai daerah pelosok Indonesia sejak 2013. RSA ini berupaya mengatasi kebutuhan masyarakat yang kekurangan akan fasilitas kesehatan di pulau-pulau terpencil Indonesia.

Solidaritas INTI NTT untuk membantu dr. Lie sangat tinggi sekaligus sebagai ungkapan terima kasih atas dedikasi dr. Lie melalui RSA yang telah tenggelam itu. Terlebih lagi, kapal atau rumah sakit apung ini tenggelam selepas menberikan layanan medis di Pulau Semau, NTT. Rumah sakit apung ini tenggelam saat berada di Teluk Sape dalam perjalanan ke NTB, 16 Juni lalu.

Pengumpulan donasi dari banyak pihak di seluruh dunia telah berjalan sejak sebulan lalu dan INTI NTT turut berpartisipasi lewat aksi ini.

“Tujuannya adalah untuk membangun kembali rumah sakit apung ini karena jasanya luar biasa dalam pelayanan jasa medis secara gratis khusus di pelosok-pelosok terpencil dan NTT sudah beberapa kali didatangi dan Semau yang terakhir sebelum tenggelamnya kapal itu,” jelasnya.

Donasi ini berupa tiket konser amal yang dijual dengan harga minimal Rp100 ribuan dan diperkenankan bila ada pihak yang bersedia membelinya dengan harga di atas itu.

Kesempatan untuk menjadi sponsorship juga masih dibuka dan semua pihak dapat berpartisipasi.

“Donasi yang dikumpulkan akan diserahkan melalui doctorSHARE untuk pembangunan rumah ssakit apung ini,” jelasnya.

Untuk tiket sudah dapat dibeli dengan menghubungi 081246324160 dan 082237412328 dengan transfer rekening Bank NTT 2502776021 atas nama Perhimpunan Indonesia Tionghoa NTT.

“Setelah transfer nanti konfirmasi ke dua admin untuk dapatkan link khusus untuk mengakses show ini,” kata dia.

Terdapat juga empat klasifikasi sebagai sponsorhip dengan benefit masing-masing bagi yang ingin berpartisipasi. Untuk ini dapat menghubungi 081353669669 terkait sponsorhip.

Penggalangan dana ini juga, kata Theodorus Widodo selaku Ketua PD INTI NTT, dalam rangkaian menyambutn Kemerdekaan HUT RI di bulan Agustus mendatang. Artis-artis NTT akan dihadirkan seperti salah satunya adalah Rambu Piras.

Ia menyebut dedikasi RSA bertajuk Bahenol ini sudah sangat besar selama puluhan tahun khususnya bagi NTT yang selalu menjadi target pelayanan medis. Untuk itu sudah sepatutnya INTI NTT turut membantu dan membuka ruang bagi yang ingin mengulurkan tangan dalam aksi sosial ini.

“Kita sebagai orang NTT dengan budaya dan solidaritas kita tentu sangat berterimakasih atas dedikasi RSA selama ini dan tentunya kita tidak bisa berpangku-tangan menyaksikan apa yang telah menimpa RSA milik dr. Lie yang telah berjasa bagi saudara-saudara kita yang selama ini membutuhkan,” ungkapnya. (bev/ol)

Leave a Comment