Jembatan Petuk I jadi Tempat Pilihan di Kala Senja mulai Menyapa

Sinta Tapobali

 

Jembatan Petuk I saat ini telah menjadi tempat favorit pilihan masyarakat Kota Kupang pada sore hingga malam hari.

Jembatan yang memiliki panjang 320 meter ini memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang kebetulan melintasi jembatan yang terletak di Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi NTT itu.

Letaknya sangat strategis, selain menghubungkan dua kelurahan yakni Kelurahan Kolhua dan Naimata, juga merupakan jalur jalan lingkar luar Kota Kupang yang memperlancar dan menghubungkan akses lalu lintas masyarakat dari Penfui dan Naimata menuju Kelurahan Kolhua, Fatukoa dan Pelabuhan Tenau Kupang yang ada di wilayah selatan Kota Kupang.

Jembatan yang dibangun pada 2015 dan selesai pada 2017 ini, juga dipenuhi dengan berbagai ornamen khas NTT yang menambah keindahan dari jembatan terpanjang di Kota Kupang ini.

Sejak diresmikan tahun 2017 yang lalu, jembatan petuk ini tidak saja menjadi penghubung antar wilayah, namun juga menjadi salah satu lokasi favorit untuk nongkrong, olahraga atau sekadar bersantai, bahkan menjadi spot untuk memotret atau swafoto bagi kaum milenial di kala senja mulai menyapa dengan menjadikan jembatan dan alam disekitarnya sebagai latar gambar.

Hampir setiap sore iembatan petuk selalu dipenuhi pengunjung. Apalagi banyak ornamen-ornamen khas NTT yang ditampilkan di jembatan petuk I ini, seperti prasasti, tugu moko, sasando, ornamen berbagai khas tenun NTT dari berbagai daerah yang menambah daya tarik masyarakat untuk datang ke sini.

Jembatan ini seolah menjadi kawasan destinasi wisata baru yang mudah diakses. Dari atas jembatan tersebut para pengunjung bisa menikmati hamparan luas pepohonan hijau, keindahan Kota Kupang dari dataran tinggi dan keindahan Pantai di pesisir Kota Kupang.

Jadi, sobat tak perlu takut atau ragu untuk menyambangi jembatan Petuk, pasalnya, tdi pinggiran jembatan juga telah dipasang pengamanan untuk mencegah pengunjung agar tidak jatuh dari bibir jembatan.

Sepanjang jembatan ini juga telah dipasang lampu penerangan jalan sehingga bagi masyarakat yang ingin melewati jembatan ini di malam hari, tidak perlu lagi merasa takut. Selain itu jembatan ini juga memiliki arena yang cukup luas sehingga dapat digunakan masyarakat untuk duduk dan jogging. (Yan/ol)

Leave a Comment