Jeriko “Amankan” 12 Dukungan DPC

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore

Rafael L. Pura

Usai Tim Pemenangan Leonard Lelo memasukan dukungan sebagai kandidat Calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi NTT periode 2021-2026 ke DPP Partai Demokrat Jumat (10/9), Tim Pemenangan Jefri Riwu Kore (Jeriko) pun melakukan hal serupa.

Sebanyak 12 DPC Partai Demokrat se-NTT, pada hari yang sama, juga menyerahkan langsung dukungan kepada DPP Partai Demokrat melalui Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK). Ke-12 DPC sepakat kembali mendukung Jeriko memimpin partai berlogo Mercy itu untuk lima tahun ke depan. (lihat grafis)

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Kupang Herry Kadja yang juga Juru Bicara Tim Pemenangan Jeriko kepada VN semalam, menegaskan bahwa ia bersama empat DPC bertemu Kepala BPOKK DPP Demokrat Herman Khaeron. “Kami dan teman-teman diterima langsung Bapak Herman dan menyerahkan berkas dukungan 12 DPC untuk Bapak Jefri Riwu Kore,” kata Herry.

Mantan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Kupang itu, juga menepis adanya anggapan sebagian pihak bahwa terjadi dualisme dukungan bagi Jeriko maupun Lelo Leo oleh DPC TTU dan Sumba Barat.

“TTU dan Sumba Barat hanya satu dukungan. Yaitu kepada Pak Jefri Riwu Kore. Yang terjadi adalah mereka tanda tangan (usulkan) dua (kandidat) sesuai format lama. Tapi setelah ada PO (Peraturan Organisasi) dari BPOKK DPP Demokrat yang menegaskan hanya boleh membuat satu dukungan, dengan kop DPP, maka mereka mencabut dukungan dan mengalihkan kepada Pak Jefri. Surat pencabutannya ada,” tegasnya.

Menurutnya, DPC TTU dan Sumba Barat membuat dukungan sebelum terbitnya PO atau Peraturan Organisasi tentang Juklak/juknis Musda dan Muscab Demokrat sesuai Instruksi BPPOK DPP Partai Demokrat.

Terkait mekanisme pemilihan calon Ketua DPD Demokrat NTT, Herry menyebut berkas-berkas dukungan dari semua DPC yang diserahkan ke BPOKK DPP Partai Demokrat, akan diverifikasi DPP saat Musda 24 September mendatang.

“Nanti DPC akan ditanyakan, apakah benar dukungan ini dibuat secara sadar?, apakah mendukung calon X? Dan selanjutnya akan dibawa ke DPP
dan dilakukan fit and proper test dan diputuskan oleh Ketua Umum (Agus Harimurti Yudhoyono), Sekjen (Teuku Riefky Harsya) dan Ketua BPPOK (Herman Khaeron),” pungkasnya.

Tak Merespons
Sementara itu, Ketua DPC TTU Yohanis Salem dan Ketua DPC Sumba Barat Domi Dinga Leba yang dikonfirmasi VN sepanjang hari kemarin, tidak merespons panggilan telepon maupun pesan melalui WhatsApp. Sekretaris DPD Demokrat NTT Ferdinand Leu pun tidak memberikan respon/

Pada Minggu (12/9) Yohanis Salem dan Domi Dinga Leba memberikan pernyataan dalam rilis yang dikirim ke media bahwa dukungan kepada Leonard Lelo diberikan sebelum pemberlakukan PO yang baru, sehingga sesuai instruksi surat BPOKK mereka memberikan dukungan final kepada Jefri Riwu Kore pada 3 September 2021. (mg-03/gus/kbn/*/R-01)

 

DPC Pendukung Jefri Riwu Kore
——————————
1. Kota Kupang
2. Kabupaten Kupang
3. Kabupaten TTS
4. Kabupaten TTU
5. Kabupaten Belu
6. Kabupaten Malaka
7. Kabupaten Rote Ndao
8. Kabupaten Sabu Raijua
9. Kabupaten Alor
10. Kabupaten Sumba Timur
11. Kabupaten Sumba Barat
12. Kabupaten Sumba Tengah
—————————–
Sumber: Tim Pemenangan Jefri Riwu Kore

Leave a Comment