Kapolda NTT Angkat Bicara Terkait Kerumunan Masa Di Poltekes Kupang

Yapi Manuleus

Kapolda NTT Drs. Irjen Pol. Lotharia Latief angkat bicara terkait kerumunan masa yang terjadi di Kampus Poltekes Kemenkes Kupang untuk vaksinasi, Rabu (14/7) kemarin.

Ia meminta agar instansi yang mau melaksanakan vaksinasi masal harus selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dan disiapkan dari jauh hari sehingga bisa membendung banyaknya warga yang ingin mengikuti vaksinasi.

“Saya mengimbau untuk semua penyelenggara agar giat-giat seperti ini, panitia harus kordinasi dengan Gugus Tugas dan Polri jauh hari sebelum giat dilaksanakan,” kata Kapolda NTT, pada Kamis (15/7) siang.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kericuhan dan terjadinya kluster baru.

“Jangan sampai niat baik tapi perencanaan dan pelaksanaan serta pengamanannya tidak sesuai aturan malah menimbulkan klaster baru dan kekecewaan masyarakat,” ujarnya.

Ia menegaskan pihaknya akan membubarkan kegiatan vaksinasi yang menimbulkan kerumunan massa yang cukup banyak, sehingga tidak terjadi klaster baru Covid-19.

“Polri evaluasi beberapa giat seperti ini, terima kasih bagi yg sudah laksanakan dengan tertib. Bagi yang belum, benahi. Sesuaikan dengan kemampuan yang ada. Bila tetap tidak ikuti SOP yang benar, terpaksa kita akan hentikan kegiatan tersebut untuk sementara demi keselamatan masyarakat,” tutupnya. (bev/ol)

Leave a Comment