Kapolda NTT: Beri Pasal Berlapis bagi Yustinus Tanaem

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latief sedang memberikan pernyataan pers, di Polres Kupang, belum lama ini.

Yapi Manuleus

 

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latief memerintahkan agar memeroses dengan penerapan pasal berlapis bagi Yustinus Tanaem (YT), pelaku pembunuhan dan pemerkosaan terhadap seorang gadis yang diketahui berinisial YAW (19) atau Nona Welkis, asal Desa Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang yang ditemukan pada Senin, (17/5), di Kelurahan Batakte, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Hal tersebut disampaikan Kapolda NTT pada Minggu (30/5).

“Saya sudah perintahkan untuk proses dengan penerapan pasal yang berlapis dan ancaman hukuman yang paling tinggi, karena perilaku tersangka sudah seperti predator pembunuh wanita dan sangat membahayakan untuk lingkungan masyarakat,” tegasnya.

Dijelaskannya, tersangka YT betul-betul tidak mempunyai rasa kemanusiaan. karena apabila menolak atau melawan ketika diajak berhubungan intim ia langsung membunuh.

“Pengungkapan kasus tersebut karena kecepatan anggota dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), pemeriksaan saksi-saksi, pemeriksaan HP dan pelacakan oleh tim Cyber pada grup facebook korban dan tersangka serta penemuan data-data di jejak digital tersangka. Ini merupakan metode scientific investigation (Investigasi ilmiah),” jelasnya.

Sebagai informasi, Kapolda NTT pada Sabtu (29/5) mengunjungi Polres Kupang di Babau. Kedatangan orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini adalah untuk memimpin langsung jalannya gelar perkara kasus pembunuhan yang menewaskan gadis berusia 19 tahun itu.

Saat ini tersangka dan barang bukti yang ditemukan di TKP berupa berupa celana, baju, celana dalam, masker, uang dan sepasang sandal telah diamankan. Selain itu barang bukti dari tangan pelaku berupa sebilah pisau, pakaian (jaket, celana dan baju), sepeda motor, handphone milik korban, handphone pelaku dan barang bukti lainnya yakni, rekaman CCTV telah diamankan di Mako Polres Kupang.

Tersangka YT alias Tinus, (41) warga asal Camplong 2, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, setelah diinterogasi ternyata telah melakukan pemerkosaan dan pembunuhan sebelumnya terhadap korban MB di lokasi tanah Kolo, Kelurahan Batakte pada bulan Februari 2021 lalu. (Yan/ol)

Leave a Comment