Kapolda NTT Harap PSU Sabu Raijua Aman dan Lancar

Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latief
Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latief

Mutiara Malahere

Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan ikrar bersama PSU Pilkada Kabupaten Sabu Raijua Aman, Damai dan Sehat yang dilaksanakan, Sabtu (3/7).

“Saya berharap kesepakatan damai ini dilaksanakan di lapangan”, ungkap kapolda Latif, Minggu (4/7).

Ia mengatakan ikrar bersama tersebut sangat penting dan dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua.

“Ikrar ini bertujuan untuk menjaga silahturahmi, menjaga kamtibmas, di wilayah Sabu Raijua,” katanya.

Ia berharap ikrar tersebut bisa menjadi komitmen bersama seluruh stakeholder, tokoh dan elemen masyarakat sehingga dapat dipastikan, pelaksanaan PSU Sabu Raijua berjalan aman dan lancar, tandasnya.

“Saya memberikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Sabu Raijua yang telah menggagas dan melaksanakan kegiatan ikrar bersama wujudkan PSU yang aman, selanjutnya saya juga berharap KPU dan Bawaslu bekerja secara profesional dan tentunya tetap netral. Jangan ragu melaksanakan rangkaian kegiatan yang sudah diatur dalam perundang-undangan, karena Polri bersama TNI akan mengamankan. Di samping itu juga berikan pemahaman kepada seluruh penyelenggara pilkada sampai di tingkat TPS serta sosialisasi kepada masyarakat secara masif, sehingga  Rakyat bersedia datang ke TPS untuk gunakan hak pilihnya sesuai aturan yang telah ditetapkan”, tandasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto mengatakan pihaknya mengirimkan personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polda NTT berjumlah 172 personel.

Para Personel BKO terdiri dari unsur Brigade Mobile (Brimob), Direktorat Samaptha, Intelkam, Bidang kedokteran dan kesehatan serta unsur pendukung lainnya.

“Para personel BKO dari Polda NTT telah mempersiapkan latihan fisik selama beberapa bulan lamanya dan selanjutnya siap melaksanakan tugas mendukung Personel Polres Sabu Raijua mengamankan pelaksanaan PSU Pilkada,” ujarnya.

Pihaknya berharap pelaksanaan PSU dapat berlangsung aman dan kondusif serta menjauhkan berbagai unsur kepentingan dan masyarakat dapat memilih pemimpin daerah yang tepat untuk memajukan daerah kabupaten sabu raijua. (bev/ol)

Leave a Comment