Kapolda NTT: Wartawan Pilar Penting dalam Mengedukasi Masyarakat

Yapi Manuleus


Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latief menyatakan, profesi Wartawan merupakan salah satu pilar yang sangat penting dalam mengedukasi masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya saat bertatap muka dengan beberapa Wartawan di Mapolda NTT, Jumat (2/7).

Pertemuan tersebut dihadiri Wakapolda NTT dan segenap petinggi Polda NTT lainnya.

Kapolda NTT Irjend Drs. Lotharia Latief menyinggung  soal perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara kemarin, yang berjalan dengan baik dan lancar, serta tetap menaati protokol kesehatan.

Dia mengatakan pada hari ini, jumat (2/7) pihaknya berkesempatan bertatap muka bersama para Wartawan di Mapolda NTT, karena menurutnya Wartawan merupakan pilar penting dalam suatu bangsa.

“Hari ini kita bersama teman-teman Wartawan. Karena menurut saya Wartawan adalah salah satu pilar yang penting di dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat,” katanya.

“Menurut saya juga wartawan menyampaikan program-program pemerintah, dan juga bisa memberikan kritik yang membangun kepada sebuah institusi,” tambahnya.

Di era Demokrasi sekarang ini, lanjut dia, Pers merupakan salah satu pilar demokrasi  yang diperuntukan untuk kemajuan bangsa ke depan. Ia berpesan kepada para wartawan yang hadir bahwa terdapat dua hal yang harus disikapi bersama di wilayah Provinsi NTT, yakni penyebaran Covid-19 yang harus terus diwaspadai. Serta pemulihan ekonomi Nasional akibat dampak dari Covid-19.

“Saya mengimbau khususnya pada teman-teman Pers agar tidak lelah dan selalu memberikan edukasi terhadap protokol kesehatan kepada masyarakat NTT,” ujarnya.

Walaupun katanya saat ini penyebaran Covid-19 di NTT rendah dan tidak sama dengan daerah lainnya di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Kapolda memberikan penghargaan kepada beberapa orang pekerja media yang memenangkan lomba Fotografer, Video maupun penulisan feature terkait sinergitas Polri dan TNI dalam memberantas Covid-19.

Para Wartawan yang memenangkan perlombaan tersebut yakni untuk Video, juara 3 diraih Ferdi Rabu dari Metro TV, juara 2 diraih Yuven Nitano dari Net TV, dan juara 1 diraih Kalix Taus dari Kompas TV. Untuk lomba Fotografer juara 3 diraih Imanuel Lodja dari Digtara.Com, juara 2 diraih Polce Amalo dari Media Indonesia, juara 1 diraih Kornelis Kaha dari Antara.

Sementara untuk lomba penulisan feature juara 3 diraih Yapi Manuleus dari VictoryNews.Id,  juara 2 diraih oleh Mutiara Maleher dari Victory News (cetak) dan juara 1 diraih oleh Kornelis Kaha dari Antara.

Dalam kesempatan itu Eliaser Ballo dari Trans Media yang mewakili para Wartawan berterima kasih kepada Polda NTT yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dia mengatakan sejauh ini Kepolisian sudah bekerja ekstra dalam menangani Covid-19 di wilayah Provinsi NTT. (Yan/ol)

Leave a Comment