Kejari Sikka Luncurkan 14 Aplikasi Data Online

Tangkapan layar beberapa aplikasi data online kejaksaan negeri Sikka, Sabtu (24/7) siang. Foto: Yunus/VN
Tangkapan layar beberapa aplikasi data online kejaksaan negeri Sikka, Sabtu (24/7) siang. Foto: Yunus/VN

Yunus Atabara

Beragam pengalaman dan pembelajaran telah ditempuh Kejaksaan RI. Kejaksaan terus berinovasi dan berbenah dalam menjalankan tugas sebagai aparat pemegak hukum.

Kepala Kejaksaan Negeri Sikka, Fahmi, kepada VN, Sabtu (24/7) mengatakan dalam perayaan HUT Kejaksaan ke-61 yang jatuh pada 22 Juli, untuk transparan kinerja kerja, pihaknya meluncurkan 14 aplikasi data online yang bisa diakses masyarakat.

Dari 14 aplikasi tersebut, 11 aplikasi ekternal bisa diakses publik dan  tiga aplikasi lain hanya untuk diakses internal kejaksaan.

Beberapa  aplikasi yang bisa diakses publik antara lain aplikasi jadwal sidang pidana umum, aplikasi survey kepuasan, aplikasi jadwal sidang pidana khusus, aplikasi layanan e-tilang, aplikasi info kasus korupsi, aplikasi perlindungan pelapor, aplikasi pengaduan masyarakat dan aplikasi, e-lapdu tipikor.

“Ini adalah komitmen Kejaksaan Negeri Sikka sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan informasi publik. Jadi setiap orang bisa akses langsung melalui aplikasi setiap perkembangan kasus,” ujar Fahmi.

Selain meluncurkan aplikasi data online, peringatan HUT Kejaksaan juga dimeriahkan dengan kegiatan donor darah kerja sama PMI dan Kejaksaan serta pemberian vaksin kepada 500 orang warga Sikka.

Pemberian vaksin kepada 500 orang warga Sikka, kejaksaan bekerja sama dengan Lanal Maumere, Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka serta beberapa Puskesmas dalam Kota Maumere.(bev/ol)

Leave a Comment